RADAR JOGJA- Belong Keliki merupakan tempat wisata alam paling eksotis di Kintamani yang wajib masuk daftar list liburan anda tahun ini.  Belong Keliki merupakan salah satu tempat wisata di Kintamani yang wajib dikunjungi saat ini.

Meskipun namanya belum sepopuler tempat wisata di daerah Kintamani, namun sangat penting dicoba untuk piknik asik. Tempat wisata ini terbentuk secara alami lalu dikelola oleh masyarakat.

Adapun tempat ini sudah resmi dibuka sejak tahun 2018 dan memiliki perizinan. Pihak pengelola bahkan sudah bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Lalu apa saja yang bisa ditemukan saat berkunjung ke Belong Keliki?

Area Camping Ground

 Tempat wisata terkenal di Bali ini menyediakan area camping ground yang cukup populer untuk daerah Kintamani. Lokasinya tepat berada di Banjar Tirta Usada, Toya Bungkah Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Seperti diketahui kini tempat wisata yang menyediakan area camping banyak dicari oleh orang-orang terutama milenial. Dan rata-rata mencari tempat camping yang memang dianggap memiliki lingkungan yang aman.

Fasilitas yang didapatkan dari area camping ground ini juga cukup banyak. Untuk fasilitas tenda jika membawa tenda sendiri maka dikenakan biaya Rp30.000 /orang.

Nah, jika tidak memiliki tenda pribadi maka disediakan penyewaan tenda. Ada paket camping untuk 4 orang dengan harga Rp250.000. Pada paket tersebut sudah termasuk tiket masuk area tempat wisata.

Selain itu dibekali pula dengan matras, sleeping bag, hot spring dan termasuk pulau welcome drink serta morning drink.

Jika anda mendambakan menginap dengan sensasi yang berbeda maka bisa mencoba Glamping. Untuk paket penginapan Glamping dikenakan biaya sebesar Rp300.000.

Pemandangan Yang Bisa Dinikmati

Tidak hanya area camping ground saja yang menjadi incaran para wisatawan mengunjungi tempat ini. Di Belong Keliki Anda bisa menikmati berbagai keindahan alam ciptaan Tuhan.

Di antaranya ada Bukit Abang, Gunung Batur, Danau dan pastinya kuburan Trunyan. Anda juga bisa sekalian melihat Patung Dewi Danu dari Belong Keliki.

Kintamani merupakan satu-satunya daerah di Bali yang bisa menghasilkan sayuran dan buah-buahan. Nah disini anda bisa sekalian menikmati indahnya perkebunan Belong Keliki. Bonusnya ketika sedang masa panen, untuk bisa sambil menikmati suasana petani yang sedang panen.

Akses Menuju Belong Keliki

MENUJU: Untuk mengunjungi tempat wisata Belong Keliki tentu harus memahami rutenya terlebih dahulu. (Sumber Foto: Candi.id)

Bagi Anda yang berkeinginan untuk mengunjungi tempat wisata Belong Keliki tentu harus memahami rutenya terlebih dahulu. Area Belong Keliki belum tersentuh kendaraan umum, jadi disarankan untuk memilih kendaraan pribadi saja.

Kemungkinan bisa menaiki Bus Damri tapi hanya sampai turun di daerah Bangli saja. Untuk akses masuk agak sempit jadi diusahakan untuk menggunakan mobil standar atau sepeda motor.

Jika berkunjung ke Belong Keliki langsung melalui bandara internasional Ngurah Rai maka jaraknya yaitu 71 km. Sementara jika dari pura Besakih jaraknya 25 km dan dari Desa Penglipuran jaraknya 23 km.

Rute yang nantinya akan dilewati yaitu Batu Bulan, Ubud, Penelokan kemudian Bangli. Nah pada rute-rute ini Anda bisa melihat pemandangan seperti bebatuan, danau dan tentunya Gunung Batur.

Anda juga bisa menikmati eksotisme eksotisme Gunung Batur  yang merupakan tempat wisata purba di Bali  dari view Belong Keliki.

Belong Keliki adalah salah satu area wisata di dataran tinggi Bali. Jadi bagi yang bosan mengunjungi Bali dengan view pantai, maka cocok untuk memilih Belong Keliki dengan nuansa hijau perkebunan dari juga gunung.

Fasilitas Umum Yang Tersedia

Untuk fasilitas umum yang tersedia cukup banyak dan terbilang sangat komplit. Padahal jika dilihat, Belong Keliki baru saja buka beberapa tahun lalu.

  • Fasilitas tempat ibadah : tempat sembahyang agama Hindu, masjid dan juga gereja yang berada di balik bukit.
  • Tersedia P3K, ada pula klinik dan rumah sakit terdekat.
  • Toilet umum
  • Sumur dari sumber air alami yang layak untuk sanitasi.
  • Area bersepeda
  • Wahana Kano
  • Tempat memancing 24 jam
  • Tempat makan dan minum dengan beberapa menu makanan dan minuman favorit. Mujair Nyet-Nyet, jus, Kopi Bali Kintamani dan Arabika. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau pada range Rp3.000-Rp40.000 saja.

Fasilitas Lain Yang Ditawarkan Belong Keliki

TAWARKAN: Belong Keliki juga menjadi alternatif liburan keluarga. ada banyak lagi fasilitas yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke tempat ini diantaranya Jeep Tour, Paket Tour Trunyan, Tracing,Fasilitas Memancing, Fasilitas Menaiki Perahu Kano. (Sumber Foto: Candi.id)

 

Selain menjadi tempat camping di Bali paling populer, Belong Keliki juga menjadi alternatif liburan keluarga.  ada banyak lagi fasilitas yang bisa didapatkan ketika berkunjung ke tempat ini.

  • Jeep Tour, Anda bisa mengelilingi Belong Keliki dengan mengendarai Jeep. Harga paket Jeep Tour ini adalah Rp750.000 untuk kapasitas 3 orang.
  • Paket Tour Trunyan, sementara anda yang ingin mengelilingi Trunyan bisa memilih untuk menggunakan Boat. Boat ini bisa di sewa dengan harga Rp850.000.
  • Tracking, paket tour ini bisa anda nikmati dengan harga Rp950.000 untuk kapasitas 5 orang.
  • Fasilitas Memancing, bagi yang hobi memancing ikan maka bisa menyewa area kolam pancing dengan harga yang relatif terjangkau. Dengan tarif Rp25.000 Anda bisa 24 jam memancing, sudah termasuk pula di dalamnya umpan dan hasil tangkapan yang tentu saja bisa dibawa pulang.
  • Fasilitas menaiki perahu kano.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk harga tiket masuk dari tempat wisata Belong Keliki adalah Rp10.000 saja, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Harga yang sangat murah dan terjangkau untuk semua kalangan masyarakat. Sementara jam buka tempat ini pada pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB.

Jadi saat berkunjung ke Bali Anda tentu tidak boleh melewatkan tempat wisata di Kintamani. Karena tidak hanya menyajikan area camping ground terbaik tapi juga punya fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan pengunjung.

Ditambah lagi Belong Keliki memiliki banyak  objek wisata yang tentunya menarik untuk dieksplorasi.

FAQ :

  1. Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan disini?

Selain berkemah, kalian dapat memancing, mandi di pemandian air panas & Jeep Tour menuju Gunung Batur

  1. Berapa harga tiket masuk ?

Tiket masuk seharga 10.000 sudah include teh/kopi

  1. Paket tour yang bisa didapat disini apa saja?

Tiket masuk kunjungan Rp. 10,000, Camping dengan tenda sendiri Rp. 30,000/orang, Paket camping 4 orang Rp. 250,000 (include tiket masuk, matras, sleeping bag, welcome drink, morning drink, hot spring), Glamping Rp. 300,000 (all in), Jeep Tour (kapasitas 3 orang) Rp. 750,000, Paket tour ke Trunyan dengan Boat Rp 850,000, Tracking (kapasitas 5 orang) Rp. 950,000, Memancing ikan Rp. 25,000 (24 jam include umpan dan hasil tangkapan bisa dibawa pulang). (*/sky)

Ekonomi