RADAR JOGJA – PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) mengkalim coverage atau keterjangkauan jaringan 4G saat ini mencapai 84 persen dari sebaran populasi penduduk di Jawa Tengah dan DIJ. Dengan capaian ini, coverage layanan 4G mereka menjadi yang terluas di kedua provinsi itu.

Gede Dede Wiryana, Regional Technical Leader Jawa Tengah PT Smartfren Telecom Tbk mengatakan, “Berdasarkan aplikasi OpenSignal, hingga saat ini, coverage jaringan 4G Smartfren masih yang paling luas di Jawa Tengah dan Jogjakarta jika dibandingan dengan operator telekomunikasi lainnya. Keterjangkauan Smartfren sudah mencapai lebih dari 80 persen dari sebaran populasi penduduk Jawa Tengah dan DIJ.

Komitmen untuk peningkatan kualitas pun terus kami lakukan dengan menambah jumlah BTS,” jelasnya Sabtu (27/3).

Gede menambahkan, penambahan jaringan terus dilakukan. Investasi digelontorkan Smartfren terutama sejak 2019 dan 2020 untuk memperkuat layanan di tengah merebaknya pandemi Covid-19, serta bertumbuhnya aktivitas daring mulai dari work from home maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ). Penambahan jaringan untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan bandwith yang terus meningkat.

Investasi yang digelar sejak 2019, kata Gede, telah mendorong peningkatan layanan jaringan rata-rata sebesar 200 persen atau dua kali lipat dibanding sebelumnya. Terutama untuk wilayah-wilayah kabupaten di Jawa Tengah bagian selatan dan DIJ. “Artinya kami sangat siap mengantisipasi lompatan kebutuhan bandwith, baik karena pengaruh naiknya kebutuhan komunikasi online karena pandemi, ataupun kenaikan traffic saat Ramadhan dan libur Idul Fitri 2021. Yang kami gelar adalah jaringan fiber optic.

Jadi lebih fleksibel atau luwes menyesuaikan dengan kenaikan traffic yang tak terduga sekalipun,” tambahnya.

Regional Head Smartfren, Joseph Marthinus Gultom menjelaskan,”Kesiapan Smartfren dari sisi produk dan layanan data pada bulan Ramadhan nanti.

Untuk menghadapi bulan Ramadan nanti, Smartfren sudah sejak lama menyiapkan berbagai varian layanan internet yang bisa dinikmati pelanggan. Pelanggan bisa memilih Paket Unlimited atau Paket Nonstop melalui aplikasi mySmartfren. Selain itu, Smartfren juga menyiapkan paket Kuota besar Super 4G Kuota dan Paket Cocktail serta paket yang masa aktifnya ekstra panjang dengan bonus kuota mingguan.

Pelanggan Smartfren berkesempatan mendapatkan hadiah langsung dengan mengikuti Program Treasure Hunt melalui aplikasi MySmartfren. Ikuti permainannya dan dapatkan hadiahnya. Semua pelanggan pasti menang dan banyak tersedia bonus harian.

Kegiatan Update Jaringan dan Teknologi yang dilakukan kali ini menguji kualitas jaringan Smartfren pada beberapa wilayah utama jalanan Jogjakarta  seperti kawasan Timoho, Jalan Solo, Gejayan, Palagan dan wilayah Kalibawang Kulonprogo,”jelasnya. (sce/naf/sky)

Ekonomi