RADAR JOGJA – Bank Mandiri dan PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) meluncurkan kartu E-Money Co-Branding Commuterpay edisi Jogja-Solo. Kerja sama ini merupakan sinergi dukungan BUMN kepada pemerintah dalam meningkatkan transaksi non tunai khususnya di sektor transportasi publik. Serta meminimalkan penularan Covid-19 melalui uang tunai.

Dengan kartu ini, transaksi pembayaran pada gate stasiun di sepanjang wilayah Jogja-Solo akan dapat dilakukan secara non tunai. Di samping itu, kartu e-Money Co-branding ini juga dapat digunakan sebagai kartu antarmoda, sekaligus alat pembayaran transportasi, tol, retail store dan lainnya.

Peluncuran kartu prabayar ini dilakukan secara virtual oleh Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto dan Direktur Utama KAI Commuter Wiwik Widayanti di Jakarta, Selasa (9/3). Menurut Aquarius, inisiatif ini akan semakin memudahkan masyarakat di wilayah Jogja-Solo dalam menggunakan transportasi publik dengan hanya menggunakan satu kartu saja.

”Kerja sama ini sejalan dengan program Mandiri Digital perseroan untuk mendukung keinginan Bank Mandiri menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah melalui produk keuangan yang simpel dan handal,” kata Aquarius.

Dia menambahkan, sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, pihaknya juga memberikan potongan harga 25 persen bagi 1.000 pembeli kartu e-Money Commuterpay pertama yang bisa di dapatkan di 11 loket stasiun wilayah Jogja-Solo. Stasiun tersebut yaitu Stasiun Solo Balapan, Purwosari, Gawok, Delanggu, Ceper, Klaten, Srowot, Brambanan, Maguwo, Lempuyangan dan Stasiun Jogjakarta (Tugu).

Pengguna KRL kini dapat melakukan pembelian dan top up saldo e-Money Commuterpay di Vending Machine yang telah ditempatkan di lima stasiun, yaitu Stasiun Solo Balapan, Jogjakarta (Tugu), Purwosari, Klaten dan Lempuyangan. ”Atau top up di mesin ATM, Aplikasi Mandiri Online yang memiliki fitur NFC maupun mitra e-Commerce yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri,” ujar Aquarius.

Bank Mandiri sendiri per Desember 2020 telah menerbitkan 22.8 juta kartu dengan frekuensi transaksi 867 juta transaksi senilai Rp 14 Triliun. Saat ini pangsa pasar Mandiri e-Money berada di kisaran 70 persen dari total industri uang elektronik. Sementara itu bagi KAI Commuter hadirnya Commuterpay diharapkan semakin memudahkan para pengguna yang hendak naik KRL Jogja-Solo.

KAI Commuter juga mengingatkan pengguna KRL untuk memastikan telah melakukan tap in kartu uang elektroniknya saat masuk gate elektronik stasiun keberangkatan dan tap out saat keluar di gate elektronik stasiun tujuan. Dalam menggunakan kartu uang elektronik untuk naik KRL Jogja-Solo juga perlu memperhatikan bahwa pada kartunya masih terdapat saldo sekurang-sekurangnya Rp 8.000, sesuai tarif satu kali perjalanan KRL Jogja-Solo. Commuterpay juga dapat digunakan untuk perjalanan KRL di wilayah Jogja-Solo maupun di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. (obi/om1/ila)

Ekonomi