RADAR JOGJA- Obat sesak nafas alami di dada untuk mengatasi masalah pernafasan cocok bagi anda yang tidak menyukai penggunaan obat kimia. Jika dilihat, sakit seperti ini dipengaruhi oleh paru-paru dan jantung.

Dewasa ini, virus covid-19 membawa kekhawatiran tersendiri jika terjadi sesak nafas. Namun SehatQ memberikan beberapa informasi terpercaya terkait dengan bagaimana mengatasi sesak nafas, sehingga tidak perlu terburu buru ke rumah sakit.

Kedua organ tubuh inilah yang digunakan untuk menjadi jalan oksigen dan karbon dioksida dalam menyebar ke seluruh tubuh. Sesak nafas akan berkaitan dengan sakit asma, serangan jantung, tekanan darah rendah, sumbatan saluran pernafasan, dan PPOK.

Daftar Obat Sesak Nafas Alami di Dada

Obat herbal mudah untuk ditemukan dan bisa mengatasi sesak nafas tanpa perlu ke dokter. Akan lebih mudah jika menanam sendiri. Namun jika tidak ingin repot, maka bisa membeli bahan ini di pasar atau toko yang menyediakan obat herbal.

Untuk mengkonsumsi herbal, lebih baik untuk konsultasi kepada tenaga medis agar bisa tahu apakah herbal ini tepat untuk anda konsumsi atau tidak.

Jahe

Sifat jahe yang anti peradangan, antioksidan, dan bisa mencegah pelepasan histamine dapat meredakan sesak nafas. Nantinya jahe bisa membuat saluran pernafasan lebih rileks.

Jintan Hitam        

Obat sesak nafas alami di dada selanjutnya yang bisa dikonsumsi adalah jintan hitam atau disebut juga dengan habbatussauda yang meringankan batuk serta menguatkan paru-paru. Herbal ini sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengatasi saluran pernapasan dada.

Makanan Kaya Kandungan Vitamin C

Makanlah buah yang banyak mengandung vitamin C dan betakaroten. Untuk vitamin C, bisa mencegah kerusakan akibat sel paru yang meradang dan dapat menjadi paru kronis. Sedangkan makanan yang mengandung betakaroten tinggi bisa mencegah sesak nafas.

Adapun berbagai jenis makanan yang mengandung betakaroten tinggi, bisa didapat dari sayuran yang memiliki warna terang dengan pigmen merah, jingga, dan kuning.

Ginseng dan Akar Manis

Tanaman yang bernama ginseng ini mampu mencegah sel pada saluran pernapasan mengalami kerusakan. Selain itu, ginseng juga bisa meredakan PPOK. Sudah sejak lama ginseng digunakan untuk mengatasi sesak nafas. Sementara untuk akar manis bisa membuat dahak menjadi encer dan membantu mengeluarkan dahak yang dapat melegakan pernafasan.

Selain itu, akar manis bisa menjadi obat untuk mencegah serangan asma. Ramuan dari akar manis dan ginseng ini bisa anda konsumsi jika sudah melakukan konsultasi kepada dokter yang anda percaya.

Peppermint

Kita semua tahu bahwa peppermint memiliki aroma khas. Selain itu, tanaman herbal ini juga sering dibuat sebagai bahan tambahan untuk obat kumur, pasta gigi atau permen karet.

Selain itu peppermint juga bisa dipakai untuk obat sesak nafas alami di dada. Bisa juga dipakai sebagai obat oles dan gosok.

Minyak kayu putih

Selain peppermint, anda juga bisa memanfaatkan minyak kayu putih sebagai salah satu cara untuk mengatasi sesak nafas secara alami.

Kandungan yang terdapat dalam minyak kayu putih mempunyai efek antibakteri yang seringkali mengakibatkan gangguan pernapasan. Cara penggunaannya juga tidak sulit. Anda tinggal mengoleskan minyak tersebut secara langsung. Selain itu bisa juga dengan cara meneteskan minyak kayu putih ke air hangat lalu anda tinggal hirup uapnya yang melegakan pernapasan.

Bawang Putih

Kita mengenal bawang putih sebagai bumbu dapur. Ternyata bawang putih juga sudah dipakai sebagai obat sesak nafas secara alami. Selain itu, juga dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Hal ini karena bawang putih mempunyai sifat anti peradangan. Dengan begitu, kandungan yang terdapat dalam bawang putih ini bisa membantu anda mengatasi sesak nafas.

Cara penggunaannya mudah, anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah langsung sebagai obat sesak nafas alami di dada. Bila anda mengkonsumsinya dalam dosis yang tepat, maka manfaatnya akan sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. (*/sky)

Ekonomi