RADAR JOGJA- Porta by The Ambarrukmo berulang tahun pertama Sabtu, (20/2).  Peringatan satu tahun berdirinya Porta  by The Ambarrukmo dilaksanakan dengan penuh intimasi dan kesederhanaan yang akan dihadiri internal manajemen Ambarrukmo di What The Deck.

Acara akan dibuka dengan sambutan Muhammad Yusuf selaku Hotel Manager dan Aris Retnowati selaku Cluster General Manager.

Selain itu juga dihadiri oleh  Tjia Eddy Susanto selaku President Director Ambarrukmo, Haris Susanto selaku Managing Director Ambarrukmo dan  Titiek Wijaya selaku  Director Ambarrukmo.

Secara simbolis, pemotongan tumpeng pertama dilakukan oleh Hotel Manager porta by The Ambarrukmo.

Perayaan ulang tahun di tengah pandemic Covid-19 membentuk kebiasaan baru yang berbeda, yakni pembatasan ketat jumlah kehadiran. Kesempatan ini juga menjadi ajang unjuk kemampuan bagi para staf. Pasalnya, banyak talenta-talenta potensial yang selama ini belum pernah dipamerkan.

Porta  by The Ambarrukmo Sebagai lifestyle hotel, Porta  by The Ambarrukmo mengadaptasi kultur modern yang melebur dengan kearifan lokal jawa. Terhitung selama satu tahun menjalankan operasional, Porta by The Ambarrukmo sudah melayani tamu dari berbagai wilayah, nasional dan internasional.

Berdasarkan data, mayoritas tamu menginap datang dari wilayah Jabotabek dengan jumlah angka mencapai 40%. Sedangkan 60% dari total tamu menginap berasal dari berbagai wilayah seperti Jawa Tengah, DIJ, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan yang lainnya.

Tamu internasional yang sudah merasakan sensasi menginap di Porta diantaranya adalah dari Belanda, Singapura, Perancis, China dan Australia. Tentunya, tamu-tamu internasional tersebut menginjakkan kaki di jogja sebelum adanya pandemi Covid -19 di Indonesia.

Selain mendatangkan tamu-tamu menginap, Porta by The Ambarrukmo juga menumbuhkan market MICE selama beroperasi. Kebutuhan tersebut direspon dengan baik meskipun permintaan pasar menurun akibat kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial.

Market terbanyak pada Mice disabet oleh sektor edukasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa lokasi berdirinya Porta by The Ambarukmo cukup strategis, yakni berada di tengah dua universitas negeri ternama Jogja, UNY dan UGM.

Menuju tahun kedua, Porta  by The Ambarrukmo memulai strategi-strategi baru sembari terus berinovasi. Pendekatan dengan market juga terus dilakukan melalui daring maupun luring. Porta  by The Ambarrukmo akan terus mendukung pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia agar bisa bangkit kembali seperti semula. (obi/sky)

Ekonomi