RADAR JOGJA – Valentine atau hari kasih sayang identik dengan pemberian hadiah untuk orang terdekat. Diperingati setiap 14 Februari. Sebagian orang ingin memberi sesuatu yang anti-mainstream. Pada era serba terkoneksi seperti saat ini, tidak ada salahnya untuk memberikan canggih.

Xiaomi sebagai brand dengan ekosistem terlengkap untuk AIoT cocok untuk menjadi pilihan hadiah Valentine. Xiaomi memiliki produk lengkap perangkat komunikasi, perangkat rumah tangga, aksesori, lifestyle, dan banyak lagi. Berikut saran untuk hadiah pada hari Kasih Sayang.

Pertama, Mi 10T Pro. Ponsel ini punya layar 6,67 inci serta refresh rate 144 Hz. Layar besarnya memungkinkan lebih puas bermain game ditambah dengan pergerakan yang sangat mulus berkat refresh rate tinggi. Ponsel konvensional hanya memiliki refresh rate rerata 60 Hz.

Xiaomi Mi 10T Pro hadir dengan kamera kelas flagship. Bisa merekam video hingga resolusi 8K. Memungkinkan pengguna menghasilkan Photo and Video Clone, Long Exposures Mode, Time-lapse Selfie, dan Dual Video. Memakai sistem operasi Android 10.

Memililik resolusi kamera utama 108MP, dipadu kamera ultra-lebar 13 MP dan kamera makro 5 MP. Kamera depan 20 MP. Mempunyai RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Diperkuat prosesor Qualcomm Snapdragon 865. Kapasitas baterai 5.000 mAh agar dapat digunakan sepanjang hari. Harga Xiaomi Mi 10T Pro Rp6.999.000.

Kedua, Xiaomi Mi Router 4A Gigabit Edition. Selain menawarkan internet stabil, juga sangat minim gangguan sekitar. Dapat diandalkan untuk menonton video beresolusi tinggi atau game online. Dibekali prosesor quad-thread dual-core. Kecepatan clock single-core hingga 880 MHz. Mendukung port jaringan gigabit dan transmisi data Wi-Fi dual-band gigabit.

Memiliki empat antena omnidirectional. Membantu meningkatkan luas cakupan sinyal meskipun terhalang dinding. Bodinya tipis dan kecil, sehingga mudah diletakkan di sudut rumah.

Didukung protokol IEEE 802.11ac. Mampu melayani hingga kecepatan 1200 Mbps. Mendukung dual band untuk manfaat dari frekuensi 2,4GHz dan 5GHz sekaligus dari jaringan efisien serta cakupan luas. Ada tiga  port Gigabit Ethernet sehingga mampu terhubung hingga 64 perangkat. Harga Xiaomi Mi Router 4A Gigabit Edition Rp399.000.

Ketiga, Mi Router 4C. Sama seperti Mi Router 4A Gigabit Edition, Mi Router 4C memiliki desain tipis. memungkinkan pengguna mudah meletakannya di sudut ruangan. Dilengkapi empat antena eksternal dengan sistem omnidirectional ditambah penguat sinyal 5 dBi. Dapat meningkatkan sinyal nirkabel agar menawarkan performa transmisi, dan dapat digunakan dengan mudah di berbagai lingkungan yang kompleks. Dengan memori hingga 64 MP, transmisi data lebih stabil.

Mi Router 4C hadir sebagai solusi tepat untuk pengguna lebih banyak. Mendukung protokol IEEE 802.11n agar dapat melayani kecepatan hingga 300 Mbps di frekuensi 2,4 GHz. Router ini bisa mengelola koneksi dari 32 perangkat secara bersamaan. Pengguna dapat bertukar pesan atau kirim file besar dengan lancar.

Pengguna dapat memilih konfigurasi router sesuai aplikasi atau mengizinkan Mi Router 4C melakukan optimasi pintar. Sehingga pengguna punya pengalaman bermain game, menonton video, atau menjelajah web secara lancar. Untuk pengalaman online lebih baik, pengguna juga dapat memprioritaskan bandwidth jaringan untuk satu perangkat. Harga Xiaomi Mi Router 4C Rp199.000.

Keempat, Mi 360° Home Security Camera 2K. Pada hari Valentine bisa memberi rasa aman dengan Mi 360° Home Security Camera 2K. Dapat memantau ruangan secara menyeluruh tanpa ada area yang tidak terlihat. Mi 360° Home Security Camera 2K dapat bergerak memutar hingga 360 derajat. Juga dapat bergerak ke atas dan ke bawah (tilt) sebesar 118 derajat.

Memiliki resolusi 3 juta piksel (2304 x 1296 piksel) yang menyajikan detail gambar tajam. Xiaomi memberi perangkat tersebut dengan fitur Infrared Night Vision. Memungkinkan tampilan berwarna dalam kondisi minim cahaya, bukan cuma hitam/putih seperti IP Cam kebanyakan.

Selain Wi-Fi, Mi 360° Home Security Camera 2K juga terintegrasi dengan koneksi Bluetooth demi koneksi yang lebih pintar. Pengguna dapat menghubungkan perangkat Bluetooth untuk melihat data perangkat melalui aplikasi Mi Home. Ini juga memungkinkan akses pengaturan untuk menghubungkan perangkat kamera dengan perangkat pintar Xiaomi lainnya.

Kecanggihan lainnya yang patut diperhitungkan sehingga cocok sebagai kado Valentine adalah bahwa kamera keamanan dari Xiaomi itu dapat mendeteksi manusia. Dan agar pendeteksian yang dilakukan lebih akurat, maka fitur ini dilengkapi kecerdasan buatan (AI). Perangkat ini juga mendukung Network Attached Storage (NAS). Ini memungkinkan pengguna melakukan back-up dari file di microSD kamera. Seluruh fitur dalam Mi Security 360 Camera 2K dapat dioperasikan dengan mudah melalui aplikasi Mi Home. Harga untuk Mi 360° Home Security Camera 2K adalah Rp599.000. (*/iwa/sky)

Ekonomi