RADAR JOGJA- Bermain game online di perangkat smartphone tidak lebih seru ketimbang game yang ada di platform konsol dan komputer. Buktinya, tidak sedikit game online di smartphone yang memiliki jumlah pemain sangat besar serta mampu membuat para pemainnya kegandrungan untuk bermain setiap hari.

Ada banyak sekali game online seru dan mengasyikkan yang bisa dimainkan di smartphone. Ambil saja contoh Mobile Legends, Pokemon GO, dan Genshin Impact yang meski baru saja dirilis, namun sudah memiliki jumlah pemain aktif mencapai jutaan orang di seluruh dunia.

Belum lagi ketersediaan voucher game online yang mudah didapatkan di mana saja.Hal ini membuktikan bahwa kualitas permainan online pada perangkat tersebut tidak kalah dengan game yang dirilis di platform lain.

Meski begitu, keseruan bermain game online di smartphone seringkali terganggu saat mengetahui banyaknya kuota internet yang terkuras dalam waktu singkat. Bahkan, belum genap satu bulan, Anda harus membeli paket internet baru karena aktivitas bermain game online dan penggunaan aplikasi lainnya sudah menguras habis kuota internet. Jika sudah begitu, pengeluaran tentu akan membengkak dan membuat Anda menjadi lebih boros karena lebih sering membeli paket data.

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kuota internet tetap aman meski tidak menghilangkan keseruan bermain game online di smartphone.

Ada  3 tips lebih puas bermain game online tanpa perlu takut kehabisan kuota internet.

  1. Selalu Cek Konsumsi Kuota Internet saat Bermain Game Online

Hampir semua smartphone saat ini telah memiliki fitur yang dapat membantu penggunanya memantau konsumsi kuota internet secara real time saat digunakan. Fitur ini tentu ampuh untuk dimanfaatkan agar lebih mudah mengetahui konsumsi kuota internet ketika Anda gunakan untuk bermain game online atau sekadar menjelajah dunia maya dan media sosial.

Selain itu, juga dapat melihat konsumsi kuota internet dari setiap aplikasi yang terpasang pada smartphone, termasuk aplikasi game online yang sedang aktif Anda mainkan. Hal ini penting untuk dilakukan karena beberapa aplikasi atau game online bisa jadi lebih banyak menggunakan koneksi internet ketimbang yang lainnya.

Sebagai contoh, game online dengan ukuran file cukup besar biasanya akan lebih boros memakan kuota. Begitupun dengan Instagram karena mayoritas konten yang disuguhkan berupa foto dan video. Jadi, jika dirasa pemakaian kuota internet sudah terlalu besar, Anda bisa langsung menghentikan aktivitas bermain game online atau mengurangi pemakaian aplikasi yang banyak menguras kuota tersebut.

Bila perlu coba gunakan paket internet dengan kuota khusus gaming seperti paket internet XL Xtra Kuota atau Paket Gamemax dari Telkomsel.

  1. Matikan Akses Internet Latar Belakang pada Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Banyak yang tidak menyadarinya, aktivitas internet di latar belakang atau background mampu memangkas kuota internet Anda hingga 30 persen. Beberapa fitur seperti notifikasi atau proses sinkronisasi e-mail ternyata cukup banyak membuang kuota internet tanpa sepengetahuan.

Karena berlangsung di latar belakang, tidak sedikit orang yang menyadari bahwa kuota internetnya terus berkurang meski smartphone atau aplikasi sedang tidak aktif digunakan. Oleh karena itu, agar bisa lebih menghemat kuota internet, tidak ada salahnya untuk mematikan sejumlah fitur yang memerlukan akses internet pada background.

Caranya bisa dengan menonaktifkan fitur notifikasi pada aplikasi yang tidak terlalu penting dan fitur sinkronisasi e-mail. Dengan melakukan hal ini, mampu menghemat kuota internet hingga 30 persen.

  1. Kurangi Aktivitas Streaming Video maupun Musik

Tips terakhir agar kuota internet tidak lekas habis dan bisa lebih puas digunakan untuk bermain game online adalah dengan mengurangi penggunaan aplikasi streaming video atau musik. Tidak dapat dipungkiri jika menonton video atau mendengarkan musik juga menjadi media penghibur yang setara dengan bermain game online.

Akan tetapi, sama halnya dengan mengunduh video atau musik berulang kali, aktivitas streaming ini akan sangat cepat membuat kuota internet habis. Solusinya, dapat mendownload musik atau video agar bisa dinikmati berulang kali tanpa harus kehilangan kuota.

Solusi lainnya, dapat memanfaatkan beberapa aplikasi atau fitur yang dapat memangkas penggunaan kuota ketika asyik melakukan streaming. Sebagai contoh, Anda dapat mengurangi kualitas video atau musik agar konsumsi kuota internet tidak terlalu boros atau menggunakan aplikasi Youtube Go. Dengan begitu, masalah kehabisan kuota internet tidak akan sampai mengganggu aktivitas bermain game online.

Tidak Hanya Berguna untuk Bermain Game Online, Menghemat Kuota Internet Juga Dapat Berimbas Positif pada Keuangan

Masalah kehabisan kuota internet sebenarnya tidak hanya dialami oleh Anda yang gemar bermain game online, namun juga pada pengguna smartphone secara umum. Aktivitas terhubung ke internet hingga lupa waktu seringkali menjadi penyebab utama mengapa kuota internet tanpa disadari sudah habis tak bersisa. (*/sky)

Ekonomi