RADAR JOGJA- Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bekerja sama dengan Rumah Sakit Panti Rapih (RSPR) menggelar webinar  “Sehat Jiwa di Masa Pandemi dengan Membaca Buku”, Sabtu (5/12). Webinar ini diadakan melalui aplikasi zoom dan live streaming di kanal Youtube UAJY.

Pembicara yang hadir dalam webinar ini adalah A. Prastowo Harsa Pamardi, Pustakawan Perpustakaan UAJY, Sak Liun Psikiater Spesialis Anak dan Remaja RSPR dengan moderator F.X Wikan Indrarto,  Spesialis Anak RSPR.

Pustakawan Perpustakaan UAJY, A. Prastowo Harsa Pamardi, menyampaikan materi “Biblioterapi dan Peran Perpustakaan Perguruan Tinggi”.  Ia memaparkan bahwa ada salah satu cara terapi kejiwaan yang menggunakan buku sebagai perantaranya, atau yang dikenal dengan Biblioterapi.

“Di kondisi pandemi seperti sekarang ini, perpustakaan memberikan layanan peminjaman buku secara daring. Ini merupakan manifestasi Perpustakaan yang akan terus membantu menyediakan buku-buku untuk Biblioterapi itu sendiri,” ujar Prastowo.

Sak Liun Psikiater Spesialis Anak dan Remaja RSPR mengatakan, bahwa kondisi pandemi dapat menjadi salah satu faktor yang mengancam kesehatan mental manusia, terutama pada usia rentan yaitu remaja akhir-dewasa awal (17-29 tahun) dan manula.

“Kondisi yang tak menentu selama pandemi COVID-19, menjadi salah satu faktor banyak orang terkena anxiety hingga depresi. Riset membuktikan bahwa pandemi menjadi salah satu faktor orang untuk melakukan tindakan bunuh diri,” ungkap nya.

Sak Liun menambahkan, salah satu cara yang cukup mudah untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan cara membaca buku. Karena, membaca dapat memperkuat otak depan sebagai pusat kebijaksanaan dalam berpikir dan mengimbangi otak tengah sebagai pusat kendali emosi.

“Kesehatan mental yang baik dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar terhindar dari penularan COVID-19, karena kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik,” tambahnya.(*/sky)

Ekonomi