RADAR JOGJA – Pada peringatan hari disabilitas internasional 3 Desember, Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) sebagai salah satu pengelola donasi konsumen Alfamidi, menyalurkan donasi ke Pusat Rehabilitasi YAKKUM Jogja. Tujuannya juga membantu panti dan penyandang disabilitas di masa Pandemi Covid-19.

Manager HRD Alfamidi Cabang Jogja Risya Antaresta mengatakan, kegiatan donasi konsumen Alfamidi tersebut menunjukkan kepedulian Alfamidi dan Lazismu kepada penyandang disabilitas untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada tahun ini. Bentuk bantuan yang diberikan berupa bahan pokok serta alat penunjang yang dibutuhkan di masing-masing panti.

“Selain itu kami berikan juga westafel untuk penyandang disabilitas. Donasi konsumen ini juga kami harapkan dapat membantu meringankan beban panti dan penyandang disabilitas dalam menghadapi Pandemi Covid-19,” tuturnya saat menyerahkan bantuan di Pusat Rehabilitasi YAKKUM jalan Kaliurang, Jogja, Kamis (3/12).

Corporate Communication Manager Alfamidi, Arif L. Nursandi menambahkan peringatan HDI 2020 dapat menggugah kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya memperhatikan hak-hak serta menghargai penyandang disabilitas.

“Di Hari Disabilitas Internasional ini kami sangat rindu untuk berbagi kepada panti-panti disabilitas di Indonesia serta penyandang disabilitas. Harapan kami supaya mereka tetap mempunyai gairah dan semangat untuk bisa hidup produktif,” tambahnya.

Dana bantuan tersebut lanjut Arif, terkumpul berkat donasi pelanggan setia Alfamidi di seluruh Indonesia.  Bantuan ini disalurkan ke 11 panti/yayasan disabilitas yang tersebar di berbagai daerah. Diantaranya, Jogja, Ambon, Bekasi, Bitung, Kendari, Makassar, Manado, Medan, dan Samarinda. Adapun total anggaran untuk bantuan itu lebih dari Rp 70 juta.

“Recehan dengan kisaran Rp 1 hingga Rp499, didonasikan pelanggan saat saat berstransaksi di kasir. Sekali lagi terima kasih kepada pelanggan setia Alfamidi yang dengan kerelaan hati terus berdonasi demi meringankan beban sesama yang membutuhkan,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Diklat YAKKUM Rita Tri Hariyani menyambut baik pemberian donasi dari Alfamidi. Dia pun berharap, kerjasama selama ini dalam penempatan penyandang disabilitas di ritel-ritel Alfamidi terus dilanjutkan. Menurutnya, selama dua tahun ini sudah ada kerjasama penempatan kerja bagi disabilitas di Alfamidi. Diawali dengan magang di Alfa Bussines Center kemudian disalurkan ke Alfamidi.

“Alfamidi menjadi ritel pertama yang memberi kesempatan kepada kalangan disabilitas untuk bekerja di sektor formal. Ini hal yang baik untuk kami. Training dan penempatan kerja bagi disabilitas sudah lebih dari 10 orang,” kata Rita.

Dalam kesempatan itu Rita menambahkan, Alfamidi berkomitmen untuk menerima penyandang disabilitas untuk bekerja. Itu untuk menunjukkan bentuk kesetaraan yang dilakukan Alfamidi. Meski untuk itu tetap memperhatikan kinerjanya. “Kami tidak melihat disabilitas sebagai hambatan, tapi kami lihat dari kemampuannya,” kata dia. (*/naf/sky)

Ekonomi