RADAR JOGJA – Lark sebagai platform kolaborasi digital meningkatkan produktivitas kerja melalui komunikasi dan kolaborasi tim yang efektif. Lark  memberikan berbagai fitur untuk bekerja dengan tangkas, fleksibel, dan efisien hanya dalam satu aplikasi.

Senior Professional Service Consultant Lark Suryanto Lee mengatakan, lark adalah platform kolaborasi generasi terkini yang menyediakan pengguna untuk bekerja bersama, yang didalamnya terdapat Messenger, Konferensi Video, Docs & Sheets. Juga terdapat penyimpanan Cloud, kalender, dan mail yang terintegrasi dengan sejumlah aplikasi lain dalam sebuah aplikasi tunggal yang tersedia di Mac, PC, iOS, dan Android.

Dia menjelaskan, dengan Lark pengguna dapat mengerjakan berbagai macam hal dalam satu aplikasi. Mulai dari membuat dan mengedit dokumen, menerima email, mengirimkan pesan, mengelola agenda, hingga menelepon, serta melakukan video conference tanpa harus berpindah aplikasi.

“Fitur dokumen Lark juga dapat diakses secara bersama-sama, sehingga setiap anggota tim dapat mengerjakan dokumen, dan saling memberi ide, komentar atau masukan dalam waktu yang bersamaan. Lark dapat meningkatkan konektivitas antar individu dalam sebuah tim sehingga produktivitas bekerja dapat terus meningkat walaupun bekerja dari rumah.” Jelasnya.

Terpisah, Peneliti Sosial dan Komunikasi DR. Devie Rahmawati menjelaskan, di tengah pandemik ini, teknologi dapat memberikan peluang bagi sebuah bisnis untuk dapat bergerak lebih cepat dan produktif walau bekerja secara jarak jauh. Namun, salah satu hambatan para pekerja yakni terlalu banyak aplikasi yang harus digunakan untuk menunjang pekerjaan dan komunikasi.

“Peralihan dari satu aplikasi ke aplikasi lain pun menimbulkan distraksi yang dapat menurunkan produktivitas. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi mobile dan berbasis web yang terintegrasi sehingga produktivitas dapat terus ditingkatkan,” ucap Devie.

Lark mungkin nampak banyak memakan memori, namun pada kenyataannya justru menghemat ruang penyimpanan karena hampir semua fitur terdapat dalam 1 aplikasi sehingga tidak perlu menginstall aplikasi lain yang bila di hitung akan memakan memori lebih banyak.

Lark sendiri tidak hanya menargetkan kalangan pekerja saja, namun juga seluruh elemen termasuk di bidang pendidikan. Diharapkan melalui kehadiran platform kolaborasi Lark, akan mampu mendorong pembangunan sumber daya manusia dan meningkatkan literasi digital masyarakat di kota Jogjakarta. (*/mg3/ila)

Ekonomi