RADAR JOGJA – Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASTINDO Jogjakarta mengadakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Dewan Pengurus Daerah (DPD). Ini dilakukan guna mengaktifkan kembali ASTINDO yang sempat vakum pada  2011. Acara ini bertempat di Ibis Style Hotel Jogjakarta, Senin (23/11).

Ketua I ASTINDO Erwin Santoso mengatakan, ASTINDO DIY diresmikan pada 2007 yang diketuai oleh Alm Widi Prasetyo. Namun karena keadaan kesehatannya menurun dan kesibukan para pengurus pada bisnisnya masing-masing, kegiatan DPD ASTINDO DIY menjadi kurang aktif sejak 2011.

”Musdalub hari ini bertujuan mengaktifkan kembali kepengurusan ASTINDO yang vakum sejak 2011. Tadi kami menentukan ketua astindo DPD DIY yakni Riyanto dari Satu Jalan Tours sebagai Ketua periode 2020-2024,” ujarnya.

Erwin menjelaskan, masa pandemik ini membuat sektor pariwisata “masti suri”. Makanya, harapannya dengan menghidupkan kembali ASTINDO bisa lebih aktif dalam mengembalikan pariwisata di Jogjakarta. ”Mengadakan semacam famtrip di Jogja untuk mendatangkan wisatawan. Kami ingin memberi tahu keadaan Jogja, selama pandemi ini sudah bisa dikunjungi,” jelasnya.

Erwin juga menjelaskan, risaunya para calon pelancong karena mereka mendengar berita tentang Merapi yang akan meletus. Padahal sebenarnya belum meletus dan masih siaga. ”Jadi selain Merapi kami masih banyak objek-objek wisata lain masih bisa dikunjungi,” terangnya.

Mengenai protokol Covid-19, pihaknya telah mempersiapkan dengan baik. Mulai dari transportasi rutin disemprot disinfektan hingga guide yang memakai face shield dan masker. (*/mg3/ila)

Ekonomi