RADAR JOGJA – Kolaborasi yang cukup unik datang dari Arlbyhardware bukan dengan tokoh tertentu atau dengan komunitas tertentu, tapi dengan nama daerah di Jogjakarta. Sayidan adalah nama daerah yang dipilih Arlbyhardware dalam kolaborasi kali ini. Latar belakang kolaborasinya pun cukup unik, terinspirasi dari cerita nyata persahabatan dan kultur yang ada di Sayidan.

Marketing Communication Supervisor Urfina Almira Yasmine mengatakan, sepatu hasil kolaborasi ini diproduksi menggunakan siluet Coda dengan material canvas, material suede pada logo A kapital dan beberapa sisi sepatu, serta gum warna cokelat. Secara keseluruhan tampilan sepatu ini simple, dinamis, bold dan strong didukung oleh pemilihan warna hitam. Tampilan ini untuk mendeskripsikan persahabatan dan kultur yang ada di Sayidan.

”Lalu perpaduan warna keemasan untuk menonjolkan nuansa kejayaan dan kehangatan suatu ikatan persaudaraan. Tidak lupa kita juga menambahkan detail landmark tugu Sayidan dengan warna keemasan. Sepatu hasil kolaborasi ini diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2020 tersedia di offline store eksklusif reseller resmi hanya di Kedai Sepatu Jogja dan online melalui website www.arlbyhardware.id,” jelasnya.

Tim Arlbyhardware terinspirasi dari cerita persahabatan Pascal Wiradjaja dengan sahabat-sahabatnya yang merupakan penduduk asli Sayidan. Pascal Wiradjaja yang saat ini berprofesi sebagai dokter dan memiliki perusahaan di bidang energi dulu menghabiskan masa kecilnya di Sayidan. Bahkan, Pascal Wiradjaja pernah meraih juara 3 kejuaraan skateboard nasional mewakili Jogjakarta.

Singkatnya, Pascal Wiradjaja yang dilahirkan di keluarga keturunan Chinese, sejak kecil banyak menghabiskan waktu bermain dengan teman-teman sebayanya yang merupakan anak-anak dari warga lokal Sayidan. Perbedaan latar belakang keluarga, pengalaman, dan pendidikan ini tidak pernah menjadi penghalang persahabatan justru mempererat menjadi ikatan persaudaraan.

Persahabatan itu hingga kini masih terjalin dan berkembang menjadi ikatan kekeluargaan, dengan profesi yang berbeda, pengalaman hidup yang berbeda, dan label duniawi lainnya tidak merubah ikatan persaudaraan yang dimiliki oleh Pascal Wiradjaja dan sahabat-sahabatnya. Begitu tulusnya persahabatan ini sehingga menginspirasi tim Arlbyhardware untuk mendesain dan memproduksi sepatu yang menggambarkan ikatan persahabatan dan kultur Sayidan yang begitu kental akan nilai-nilai kehidupan, kepercayaan diri dan persaudaraan yang kuat.

Sekilas, Sayidan memang memiliki tata letak wilayah yang cukup unik, yaitu berada di bantaran sungan Code dang memiliki Jembatan Sayidan sebagai symbol utama. Selain itu di Sayidan juga terdapat Gereja Gothic dan Klenteng (tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tiong Hoa), maka tidak heran jika kultur masyarakatnya penuh dengan toleransi.

Arlbyhardware merupakan brand sepatu lokal yang sudah mulai melakukan produksi sepatu sejak 2012, range produk berkembang dari mulai sepatu hingga apparel. Perjalanan Arlbyhardware merupakan cikal bakal ramainya industry sepatu lokal di Indonesia dengan selalu menggaungkan semangat “Local Pride” dan “Made with Pride” yang ada di atribut setiap produk Arlbyhardware. (obi/ila)

Ekonomi