RADAR JOGJA – Ditlantas Polda DIJ bersama All New Livina Owners Community (Anloc) menyalurkan bantuan 100 paket sembako. Kali ii dengan sasaran kelompok pengemudi andong. Sekaligus bagian sosialiasi perihal ketertiban lalu lintas.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda DIJ AKBP Arief Murtadlo mengatakan perihal sosialisasi masalah tertib berlalu lintas. Tak pernah lepas melibatkan para kusir andong. Sebab mereka juga termasuk daripada masyarakat yang peduli terhadap lalu lintas. “Kami masih lakukan operasi zebra saat ini, yang diperiksa biasanya sudut-sudut pelanggaran yang kasat mata tidak pakai helm,menerobos lampu merah, dan lain-lain,” katanya Jumat (26/11).

Arief menjelaskan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 maka operasi zebra yang dilaksanakan kebanyakan ialah kegiatan yang sifatnya pendidikan dan sosialisasi tertib lalu lintas dan masalah protokol kesehatan. Sehingga, pihak kepolisian perlu menggandeng komunitas masyarakat untuk mensosialisasikan perihal ketertiban lalu lintas dan prokes tersebut. Ops Zebra Progo 2021 dilaksanakan pada 15-28 November 2021. “Kita gandeng sebanyak mungkin elemen masyarakat, agar membantu kami dalam menerapkan aturan lalu lintas yang baik dan optimal. Komunitas otomotif, para kusir andong, mereka itu mitra kami,” ujarnya.

Terlebih, meski pandemi Covid-19 mulai melandai yang ditandai dengan munculnya geliat pariwisata di Kota Jogja. Perekonomian masyarakat termasuk kusir andong belum sepenuhnya pulih. Sehingga, inisiatif Anloc disambut baik dengan menggelar bakti sosial. “Jadi, kita di sini selain melakukan sosialisasi mengenai ketertiban lalu lintas,” jelasnya.

Sementara, Ketua Anloc, Awaludin Yulianto mengatakan total paket sembako yang dibagikan sebanyak 300 paket untuk DIJ dan Jawa Tengah. Jumlah tersebut terbagi masing-masing wilayah 100 paket yakni Jogja, Sleman, dan Solo. Ditambah 50 paket menyasar tukang becak hotel yang dialokasikan di beberapa titik. “Kusir andong ini kan termasuk profesi yang terdampak pandemi ya. Makanya, kami menyasar kusir andong, sesuai masukan Ditlantas juga,” katanya. (wia/pra)

DIJ