RADAR JOGJA – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIJ GKR Mangkubumi berharap ada kolaborasi antara Kadin pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota. Tujuannya untuk menjalankan organisasi lebih baik.

Hal itu disampaikan GKR Mangkubumi saat bertemu dengan calon ketua umum Kadin Arsyad Rasjid atau ASR, Minggu (23/5). “Saya sepakat, harus ada kolaborasi untuk memajukan Kadin lebih baik, Kadin kabupaten dan kota harus diperkuat,” katanya.

Puteri sulung Raja Keraton Jogja itu menambahkan, kolaborasi tersebut bisa diwujudkan penguatan kewilayahan kadin di tingkat kabupaten dan kota. Itu, lanjut dia, karena dalam yang memiliki pendataan, yang punya masalah ada di tingkat kabupaten dan kota. “Tentunya dengan menjadikan kadin provinsi sebagai fasilitator dan kadin pusat sebagai pengambil kebijakan,” ungkapnya.

Sementara itu, ASR yang juga Direktur Utama PT Indika Energy Tbk itu dalam lawatannya menyorot kondisi internal Kadin dan berniat segera memperbaikinya jika kelak terpilih sebagai ketua umum. “Kami ingin membuat Kadin layaknya sebuah perusahaan yang sahamnya dimiliki Kadin Daerah dan Asosiasi di dalamnya,” kata ASR.

Jika Kadin ditempatkan sebagai perusahaan, ujar ASR,  pemegang sahamnya Kadin Daerah dan asosiasi. Dengan begitu, lanjut dia, Kadin bisa memberikan deviden pada pemegang sahamnya dan tanpa midset itu kultur dari Kadin Indonesia tak sesuai dengan yang dipikirkan. .

Selama ini, ASR melihat problematika di Kadin daerah yang seolah mati suri. Kadin di kabupaten/kota terutama luar Jawa menurut dia hanya aktif ketika akan ikut serta dalam musyawarah nasional saja. “Kami berharap, Kadin DIJ mendukung langkah ini meski semua calon ketua ini baik, saya dan Anin (Anindya Bakrie) berteman baik dan sangat tahu kualitasnya, tapi pada akhirnya kita harus memilih,” katanya.

Ketika ditanya, terkait calon ketua umum kadin yang akan diusung Kadin DIJ, GKR Mangkubumi menyebut belum diputuskan. Hal itu masih menunggu rapat pleno yang digelar Kadin DIJ. “Untuk siapa (calon ketua umum) belum,” tuturnya. (cr1/pra)

DIJ