RADAR JOGJA – Dinas Pariwisata DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY, Dinas Kebudayaan DIY, Paniradya Pati Keistimewaan DIY, dan Disdikpora DIY menyelenggarakan peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2020 di Rama Shinta Garden Resto Komplek Ramayana Ballet Prambanan Sleman Minggu (25/10).

Acara diawali dengan Bincang Santai dengan tema’ ’Membangun Budaya Kreatif Pemuda DIY di Era Revolusi Industri 4.0’ oleh Aris Eko Nugroho, SP,M.Si selaku Paniradya Pati, Ir.Srie Nurkyatsiwi, MMA selaku Kepala Diskop UKM DIY, Singgih Raharjo, S.H.,M.Ed Kepala Dinas Pariwisata DIY dan Didik Wardaya, SE,M.Pd selaku Kepala Disdikpora DIY.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo untuk mensiasati keadaan pandemi utamanya di sektor pariwisata, kaum muda harus tetap kreatif. Para pemuda dapat mensiasati keadaan ini dengan tetap produktif melalui kegiatan yang dilaksanakan melalui virtual dan live streaming. “Cakupan tak hanya meliputi wilayah DIY saja, tetapi kegiatan tersebut dapat juga dapat disaksikan oleh seluruh penjuru dunia sehingga cakupannya lebih luas lagi,” ujarnya.

Sore harinya, acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2020 tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah DIY Drs.R.Kadarmanto Baskara Aji. Dilanjutkan dengan talkshow tentang, Spirit Kewirausahaan Pemuda Dalam Mendorong Ekonomi Kreatif Berbasis Pembangunan Berkelanjutan dengan menghadirkan pemateri Drs.R.Kadarmanto Baskara Aji, KHP Kridhamardawa KPH Noto Negoro, dan Owner Lemari Lila yakni Lila Imeldasari.

Kadarmanta dalam acara tersebut mengatakan, pemuda harus siap menjadi agen perubahan untuk Jogja lebih baik. Adanya pandemi virus Corona menjadi sebuah tantangan pemuda untuk bangkit kembali. Pihaknya juga merasa bangga kepada kalangan muda dikarenakan meski pandemi. pemuda dengan segala kreatifitasnya dapat turut memulihkan ekonomi Jogja yang didorong stakeholder yang terkait.

Masyarakat dapat menonton kegiatan tersebut secara live streaming melalui Youtube. Acara peringatan Hari Sumpah Pemuda diakhiri dengan deklarasi oleh perwakilan pemuda DIY yang menyatakan komitmen dan tekadnya yakni berpegang teguh pada Pancasila, menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, meningkatkan kesetiakawanan dan berkontribusi memerangi virus korona, memaksimalkan upaya preventif menangkal penyebaran virus korona, menjalin kerjasama dengan segenap masyarakat untuk mencegah penyebaran  virus korona dan mengkampanyekan protokol kesehatan, menjadi pemuda yang profesional, kreatif inovatif dan berjiwa enterpreneur. (*/pra)

DIJ