alexametrics

Ada La Nina, Cek Kondisi EWS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja memastikan seluruh peralatan penanganan bencana dan personel dalam kondisi siap. Ini untuk melakukan kesiapsiagaan menghadapi berbagai potensi kebencanaan dampak dari fenomena La Nina yang mengakibatkan curah hujan tinggi.

Pesona Batik Nusantara

Para peserta memeragakan kostum batik saat Jogja Batik Carnival di kawasan Tebing Breksi, Prambanan, Sleman, Kamis sore (28/10).

Masih Pandemi, Apindo Berharap UMP Tak Naik

Belum pulihnya perekonomian dampak pandemi Covid-19, membuat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap tidak ada kenaikan upah minimum provinsi (UMP), maupun upah minimum kabupaten/kota (UMK) pada 2022 mendatang.

Epidemiolog: PCR untuk Penerbangan Tak Efektif

Pemberlakuan syarat wajib tes Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi penumpang pesawat dinilai kurang efektif untuk pencegahan penularan Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria Wiratama.

Masuk Parangtritis Mulai Bayar

Pemkab Bantul telah melakukan pemungutan retribusi. Terhadap wisatawan yang ingin memasuki Pantai Parangtritis. Di Kota Jogja, wacana one gate system terus dimatangkan. Di antaranya dengan membuka tiga tempat parkir khusus (TKP)

Sambut Prambanan Jadi Sentra Umat Hindu Dunia

Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Sleman dan Klaten, Jawa Tengah disiapkan menjadi tempat ibadah terbesar umat Hindu di seluruh dunia. Selain itu, Candi Prambanan juga akan dikonsep sebagai destinasi wisata religi bagi umat Hindu.

HB X: Buka Vaksinasi hingga Sore

Belum turunnya level pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di DIJ, jadi perhatian Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X. Di antaranya karena pelaksanaan vaksinasi yang belum maksimal. Termasuk capaian vaksinasi di Bantul dan Gunungkidul.

Pahlawan Yang Gugur Dijadikan Nama Jalan

Pada 7 Oktober, selain HUT Kota Jogja, juga diperingati Serbuan Kotabaru. Yang nama pahlawan yang gugur, hingga sekarang dijadikan nama jalan di kawasan Kotabaru. Tak banyak warga yang tahu peristiwa tersebut. Termasuk serangan yang bukan ditujukan untuk Belanda. Terus kepada siapa?

Keluarkan Pergub, HB X Larang Laporkan Upah di Bawah UMP

Jaminan sosial bagi pekerja di DIJ menjadi perhatian khusus Gubernur DIJ Hamengku Buwono (HB) X. Hal itu ditunjukkan dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur No.99/2021 Tentang Optimalisasi Kepesertaan Dan Kepatuhan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kasus Melandai, Isoter Ditutup Sementara

Tiga tempat Isolasi Terpusat (Isoter) di DIJ dinonaktifkan sejak Jumat (1/10). Tiga isoter yang dimaksud adalah Isoter Rusun Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), rusun Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) Universitas Gadjah Mada (UGM) dan isoter Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Tak Ada Lagi Penyekatan Jalan

Penyekatan ruas jalan menuju Kota Jogja mulai dibuka kembali seiring pelonggadan PPKM Level 3. Terakhir, sekat jalan yang dibuka ialah Jalan Margo Utomo akses menuju Malioboro dari Tugu Pal Putih, sejak Rabu malam (29/9).

Buat QR Code Sendiri, Persiapan Buka Wisata

Lamanya proses pendaftaran, untuk mendapatkan QR Code Peduli Lindungi, disiasati. Pemkot Jogja menguji QR Code buatannya untuk mengatur jam kunjungan wisatawan khususnya di Malioboro.

Pendowoharjo sebagai Desa Sadar Kerukunan

Karanggede RT 01, Padukuhan Dagen, Pendowoharjo, Sewon, Bantul ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan. Lantaran di lokasi ini terdapat empat rumah ibadah yang lokasinya berdekatan. Selama 20 tahun masyarakatnya pun hidup berdampingan dengan rukun.

Awasi Kegiatan Pergudangan

Temuan pabrik psikotropika di Jalan IKIP PGRI No 158 Padukuhan Sonosewu, Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Bantul masih memukul Kepolisian Resor (Polres) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul. Untuk itu, polres dan pemkab akan mengawasi kegiatan pergudangan. Masyarakat pun diminta untuk terlibat dalam upaya pengawasan.

Dorong UMK Kuliner di DIJ Urus Sertifikat Halal

Banyaknya usaha kuliner di DIJ diminta untuk segera  melaksanakan sertifikasi halal. Hal itu penting selain karena adanya percepatan sertifikasi halal yang telah menjadi kewajiban sesuai perintah regulasi, juga agar produk UMK memperoleh nilai tambah.