SLEMAN – Warga Padukuhan Kayen, Condongcatur, Depok membuat kreasi gunungan dari bermacam buah dan sayur. Warga dari tiga RW mengarak gunungan tersebut keliling kampung. Mulai dari Balai Dusun Kayen hingga berakhir di Lapangan Cikal Dempet.

“Acaranya berlangsung Minggu (26/8) lalu, kirab ini sebagai wujud persatuan warga,” ujar Kades Condongcatur Reno Candra Sangaji.

Selain diikuti oleh masyarakat kampung Kayen, upacara kirab gunungan turut dihadiri juga Camat Depok Abu Bakar.

Abu Bakar pun terkesan dengan antusias warga kampung Kayen. “Ini luar biasa. Semoga warga Padukuhan Kayen bisa terus semangat dalam memajukan kebudayaan daerah,” ujarnya.

Ketua panitia Sukirman mengatakan, kirab gunungan ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan. “Dulu dilakukan saat HUT RI dan hanya diadakan di masing-masing RW. Tapi kali ini kami lakukan bersamaan,” jelasnya.

Dia mengatakan, gunungan yang dibuat warga Kayen memiliki makna. yakni mempersatukan masyarakat, agar bisa kumpul. Tidak butuh waktu lama bagi masyarakat untuk membuat gunungan.

Kebahagiaan masyarakat terlihat jelas saat berebut makanan dari gunungan. Tak hanya orang tua, antusiasme acara kirab gunungan ini juga datang dari kaum pemuda. Fitra Annisa Saraswati, salah seorang anggota Remaja Islam Masjid Nurul Hidayah Kayen, mengaku senang.

“Senang, karena ini untuk pertama kalinya ikut kirab gunungan. Berharap acara ini bisa terus berlangsung tiap tahun,” harapnya. (cr9/ila/fn)

Desa