RADAR JOGJA – Warga Pelemsari, Umbulharjo Cangkringan Sleman dihebohkan penemuan mortir, Sabtu (9/4). Tepatnya di ladang perkebunan milik warga bernama Purnomo. Penemunya adalah Sukisno yang saat itu tengah menggarap ladang.

Jogoboyo Kalurahan Umbulharjo Sriyono menjelaskan kronologi penemuan. Awalnya penemu, Sukisno tengah menggarap ladang milik Purnomo. Saat itulah cangkul miliknya terbentur benda keras.

“Kronologinya yang bersangkutan sedang mencangkul di lahan bapak Purnomo pada pukul 10.00 WIB. Cangkul tidak sengaja menemukan besi berkarat pada sore hari pukul 15.30 WIB karena penasaran benda tersebut dibersihkan pada saat dibersihkan sempat keluar asap,” jelasnya dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (9/4).

Merasa curiga, Sukisno langsung memanggil Purnomo. Setelahnya berlanjut dengan laporan ke Babinkamtibmas Umbulharjo dan diteruskan ke Polsek Cangkringan.

Sriyono menuturkan personel Polsek Cangkringan tak ingin mengambil resiko lebih jauh. Langkah awal berupa mengamankan lokasi penemuan mortir. Setelahnya menghubungi tim Gegana Brimob Polda DIJ.

“Tim dari Jihandak langsung menjinakan benda mencurigakan itu sekitar 20.00 WIB. Sudah diamankan,” katanya.

Walau begitu, tim masih melanjutkan pencarian. Ini karena benda yang ditemukan baru ekor dan pemantik. Sementara badan dadi mortir belum ditemukan.

Dari hasil koordinasi, tim Jihandak Gegana Brimob Polda DIJ akan melanjutkan pencarian. Ini untuk mencari badan dari bahan peledak tersebut. Tentunya untuk menjamin keamanan aktivitas warga sekitar.

“Iya mau disisir lagi sama tim gegana. Infonya tadi besok atau secepatnya karena alat harus lengkap dulu. Saat ini sudah diberi garis polisi sehingga warga tidak boleh mendekat,” ujarnya. (Dwi)

Breaking News