RADAR JOGJA – Gunung Merapi memuntahkan tiga awan panas erupsi, Senin sore (6/12). Awan panas erupsi pertama meluncur 16.09 WIB. Sementara untuk awan panas erupsi kedua meluncur tak berselang lama, 16.44 WIB. Terbaru terjadi pada 17.24 WIB.

Berdasarkan catatan catatan BPPTKG Jogjakarta, ketiga awan panas meluncur sejauh 1.800 meter. Arah luncuran ke Barat Daya tepatnya hulu Sungai Bebeng. Visual luncuran awan panas erupsi terpantau jelas dari beberapa pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) di sejumlah wilayah.

“Benar sore ini ada dua awan panas erupsi yang terjadi pada pukul 16.09 WIB, 16.44 WIB dan 1724 WIB. Jarak keduanya sama sejauh 1,8 kilometer arah Barat Daya,” jelas Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya, Senin sore (6/12).

Dari catatan yang sama, awan panas pertama tercatat dengan amplitudo 12 milimeter. Sementara untuk durasi mencapai 63 detik. Awan panas kedua memiliki amplitudo 14 milimeter dengan durasi 160 detik. Awan panas ketiga tercatat dengan amplitudo 19 milimeter dan berdurasi 163 detik.

BPPTKG Jogjakarta juga mencatat hembusan angin ke arah timur selama awan panas terjadi. Hanya saja hingga saat ini belum ada laporan hujan abu vulkanik. Baik di wilayah Jogjakarta maupun Jawa Tengah.

“Untuk status Gunung Merapi hingga saat ini masih Level III atau Siaga sejak 5 November 2020. Masyarakat kami imbau tetap waspada dan terus memantau perkembangan terbaru Merapi dari BPPTKG,” katanya. (dwi)

Breaking News