RADAR JOGJA – Pesawat latih Sekolah Penerbang (Sekbang) Lanud Adisutjipto, berjenis KT-1B Wong Bee bernomer registrasi LL-0111 jatuh di sisi barat landasan udara Adisutjipto Jogjakarta, Senin siang (7/12).

Peristiwa ini sempat menimbulkan dentuman suara kencang. Bahkan suara ini sempat terdengar hingga perkampungan di sisi barat lokasi jatuhnya pesawat.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Kolonel PNB Indan Gilang membenarkan adanya peristiwa tersebut. Perwira menengah TNI AU ini memastikan dua pilotnya selamat. Keduanya diketahui bernama Mayor Pnb Sekti Ambarwati dan Letda Adm Krisna Nugraha. Keduanya berposisi sebagai instruktur dan siswa penerbang.

“Keduanya sedang melaksanakan latihan rutin menggunakan pesawat latih KT-1B Wong Bee Nomor RegistrasiĀ  LL-0111. Kecelakaan di ujung barat runway Lanud Adisutjipto.

Meskipun pesawat mengalami total lost (rusat berat), kedua pilot Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto itu selamat,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (7/12). Gilang turut menjelaskan detil kecelakaan. Berdasarkan catatan manifest, kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB.

Pesawat latih awalnya akan melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu tepatnya runway 09 Lanud Adisutjipto.

Tanpa sebab yang jelas, pesawat latih ini justru mengalami kesalahan sistem. Hingga akhirnya terjatuh di sisi barat lanud Adisutjipto. Untungnya kedua pilot sempat menekan tombol kursi pelontar.

“Pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat dengan selamat, demikian juga tidak terjadi kerusakan dan kerugian material danĀ  personel di darat. Pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam Lanud Adisutjipto,” katanya.

Terkait kondisi pilot, Gilang menjelaskan masih dalam perawatan medis. Usai melontarkan diri, kedua pilot diperiksa oleh tim kesehatan lapangan. Selanjutnya menjalani tindakan medis di RSPAU Hardjolukito.

“Saat ini kedua pilot sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter RSPAU Hardjolukito. Kalau untuk penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasiĀ  TNI AU,” ujarnya. (dwi/sky)

Breaking News