RADAR JOGJA – Rentetan gempa tektonik terjadi di kawasan Bantul dan Gunungkidul. Tercatat setidaknya ada sembilan gempa bumi yang terjadi sejak 31 Agustus hingga 4 September. Detailnya empat gempa terjadi di Kabupaten Bantul dan lima gempa bumi di Gunungkidul.

Data terbaru adalah gempa bumi tektonik di wilayah Bantul. Terjadi Jumat dini hari (4/9) tepatnya pukul 00:07. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi berkekuatan magnitudo 3.1. Titik lokasi gempa terakhir di darat dengan kedalaman 5 kilometer.

“Jenis dan mekanisme gempa kalau memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi akibat sesar lokal. Energi terlepas secara perlahan sehingga tidak ada akumulasi energi yang dapat menyebabkan gempa besar,” jelas Kepala Stasiun Geofisika BMKG Jogjakarta Agus Riyanto, Jumat (4/9).

Gempa bumi terasa di sejumlah wilayah di Jogjakarta. Tepatnya jalan Imogiri Timur dan Jetis Bantul. Skala gempa ini tercatat dalam skala II modified mercalli intensity (MMI). Dalam skala ini, getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Walau begitu, Agus memastikan tak ada kerusakan yang ditimbulkan. Hingga selang waktu tercatat tak ada gempa bumi susulan.

“Monitoring kami tidak ada aftershock atau gempa susulan. Tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa dari kejadian ini,” katanya.

Agus mengimbau warga tetap tenang. Termasuk tak termakan isu atau informasi palsu. Pemantauan informasi terbaru memanfaatkan kanal milik BMKG. Baik melalui website atau sosial media resmi.

Dia meminta agar warga senantiasa memeriksa kondisi bangunan. Terutama yang menjadi hunian maupun fasilitas publik. Tujuannya agar penghuni atau warga tak tertimpa struktur bangunan.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupunĀ  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” ujarnya.

Gempa bumi pertama tercatat 31 Agustus di Bantul. Berkekuatan magnitufi 3.3, gempa ini terjadi di laut. Masih di tanggal yang sama gempa terjadi di Gunungkidul. Berkekuatan magnitudo 2.8 dan terjadi di laut.

Selang waktu gempa terjadi 2 September di Gunungkidul. Berkekuatan magnitudo 3.0 dan terjadi di darat. Selang waktu terjadi lagi gempa di Gunungkidul. Kali ini terjadi di darat dengan magnitudo 2.0. Gempa darat kembali terjadi di Gunungkidul di hari yang sama dengan magnitudo 2.1.

Pada tanggal yang sama Bantul juga mengalami gempa di laut. Kali ini magnitudo mencapai 4.0. Berganti hari (3/9) terjadi gempa darat di Bantul dengan magnitudo 2.1. Gempa darat kembali terjadi di Gunungkidul di hari yang sama. Kali ini kekuatan magnitudo mencapai 3.1. Catatan terakhir adalah Gempa darat di Bantul, Jumat dini hari. (dwi/ila)

Breaking News