RADAR JOGJA – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengerahkan semua sumber dayanya untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Di antaranya realisasi donasi perlindungan relawan medis dan non medis BNPB yang berada di garda terdepan penanggulangan Covid-19.Para relawan yang terdaftar di BNPB tersebut mendapat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Bertempat di Gedung Graha BNPB, Jumat (8/5), BPJAMSOSTEK secara seremonial menyerahkan donasi untuk 8.000 relawan yang terdaftar di BNPB sejak April 2020.

Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto mengatakan, seluruh insan BPJAMSOSTEK, yaitu 6.100 karyawan dan semua jajaran Direksi dan Dewas telah memberikan sebagian penghasilan mereka untuk donasi ini. “Kami memberikan donasi untuk perlindungan bagi para relawan sebanyak 8 ribu orang. Saat ini baru 1.625 yang datanya kami terima dan telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK,” ungkap Agus.

BPJAMSOSTEK juga telah menggeser anggaran operasionalnya senilai Rp 300 Miliar untuk memberikan dukungan dalam bentuk program vokasional untuk peserta ter-PHK, bantuan promotif dan preventif. Berupa 615 ribu masker, 123 ribu vitamin dan 6.400 alat pelindung diri kepada peserta BPJAMSOSTEK. Perluasan cakupan JKK juga dirilis oleh BPJAMSOSTEK, terkait dengan penyakit akibat kerja bagi pekerja kesehatan ataupun relawan yang bertugas di fasilitas kesehatan atau perawatan Covid-19. Kontribusi lainnya berupa pemberlakuan relaksasi iuran yang dilakukan untuk membantu pemberi kerja agar tidak melakukan PHK dan dapat membayarkan THR kepada peserta.

Agus menjelaskan, peserta atau perusahaan mendapatkan pemotongan iuran program JKK dan JKM sampai dengan 90 persen atau hanya membayar 10 persen saja. Sementara untuk jaminan pensiun diberikan penundaan pembayaran sebagian iuran yang dapat dicicil hingga enam bulan ke depan. “Semoga apa yang kami lakukan dapat membantu stakeholder. Harapan kami, situasi ini dapat cepat diatasi dan lalui bersama untuk membangun dan memperkuat perekonomian nasional kembali,” tutur Agus.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan mengapresiasi langkah BPJAMSOSTEK memberikan perlindungan kepada relawan. “Kepedulian BPJAMSOSTEK ini merupakan semangat dan tambahan imunitas bagi Gugus tugas dan relawan,” ungkapnya. (cr1/pra)

Breaking News