RADAR JOGJA – Satu lagi pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam perawatan isolasi meninggal dunia. Pasien ini berusia 60 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Meninggal dunia saat masih menjalani masa isolasi di RSUP Sardjito Jogjakarta.

Kabag Hukum dan Hunas RSUP Sardjito Jogjakarta Banu Hermawan membenarkan informasi tersebut. Pasien, lanjutnya, telah dirawat isolasi sejak 30 Maret. Pasien ini tercatat sebagai warga Gamping Sleman.

“Benar, ada pasien positif meninggal dunia yang tercatat sebagai warga Sleman,” katanya, Senin malam (6/4).

Terkait kondisi kesehatan diakui oleh Banu cukup fluktuatif. Sejak awal masa isolasi, pasien, lanjutnya, dalam keadaan kritis. Hanya saja dia enggan membeberkan lebih lanjut riwayat kesehatan pasien ini.

“Data kami hanya menyebutkan pasien pernah ada riwayat perjalanan ke Jakarta, tepatnya 23 Maret 2020. Saat masuk Sardjito, 30 Maret, itu kondisi kesehatannya sudah kritis,” jelasnya.

Pemakaman jenazah dilakukan di hari yang sama. Karena protokol tertinggi menyebutkan pemakaman jenazah positif Covid-19 tidak boleh lebih dari empat jam sejak meninggal. Usai pemulasaraan, jenasah langsung dimakamkan oleh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIJ.

“Malam ini langsung dimakamkan di Madurejo Prambanan. Menggunakan protokol tertinggi sesuai ketentuan WHO (World Health Organization),” ujarnya. (dwi/tif)

Breaking News