BANTUL – Berbeda dengan instansi pemerintahan lainnya, RSUD Panembahan Senopati saat cuti bersama Lebaran tetap memberikan pelayanan seperti biasanya. Itu bertujuan agar pasien tetap tertangani dengan maksimal.
”Prinsipnya, tak ada pelayanan berhenti,” jelas Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Panembahan Senopati Attobari Humam di kantornya.

Kendati begitu, Atto, sapaannya, menekankan, pelayanan yang tetap beroperasi ini di luar rawat jalan. Seperti rawat inap,instalasi gawat darurat, dan kemoterapi. Ya, ada penjadwalan pelayanan baru bagi pasien rawat jalan. Sebab, poli selama lima hari, persisnya mulai Kamis hingga Senin (14-18/6) tutup. Baik poli pagi maupun sore. ”Selasa sudah masuk lagi,” ucapnya.

Lalu, bagaimana dengan pelayanan cuci darah? Menurutnya, pelayanan haemodialisa tetap buka. Hanya, bagi pasien yang dijadwalkan cuci darah pada Jumat (15/6) dipercepat. “Kalau libur, ya, bisa berisiko fatal bagi pasien,” kelakarnya.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Panembahan Senopati Agus Budi Raharjo mengungkapkan hal senada. Menurutnya, RSUD juga turut berpartisipasi dalam posko Lebaran. Saat libur Lebaran, rumah sakit pelat merah ini menerjunkan tim P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan) di Pantai Baru. ”Kerja sama dengan Dinas Kesehatan,” tambahnya. (zam/ila)

Bantul