SLEMAN- Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja bersama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul kembali menggelar Santunan untuk 1.000 Dhuafa di Gedung Graha Pandawa Balai Kota Jogja, Selasa (22/5).

Kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan ini dalam rangka berbagi kebaikan dengan sesama saat Ramadan. Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat menyebut, kegiatan ini bertujuan menyebarkan kebaikan kepada warga Kota Jogja.”Bulan Ramadan selalu menjadi makna spesial bagi kami,” jelasnya.

Menurutnya, kebaikan harus selalu didengungkan dan ditularkan kepada seluruh masyarakat. Bisa jadi, mereka yang saat ini mendapat santunan, besok-besok menjadi yang memberikan santunan. Dalam kesempatan ini PT Sido Muncul menyiapkan dana Rp 150 juta. Seluruh warga mendapatkan jatah yang sama.

Irwan juga meminta agar perbuatan baik tidak hanya dilakukan saat Ramadan. Justru pada bulan ini menjadi momentum penting untuk terus berbuat kebaikan. Dia juga meyakini warga Indonesia adalah bangsa yang baik dan ramah.

Irwan juga mengajak perusahaan swasta maupun pengusaha berlomba berbuat baik. Itu bisa diawali dengan program-program bantuan kepada warga sekitarnya. “Perusahaan dan pengusaha itu telah jadi bagian dari anggota masyarakat. Program-program kebaikan perlu diadakan setiap perusahaan. Konsepnya ya berbagi kebaikan kepada sesamanya,” ajaknya.

Setelah Kota Jogja, program Santunan Dhuafa ini dilanjutkan di Ungaran, Jawa Tengah, Kamis (24/5) mendatang. Kota Jogja merupakan kota pertama diadakannya kegiatan sosial ini. Tahun-tahun sebelumnya, program juga digelar di Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Tangerang Selatan, Makassar, dan kota lainnya. “Selain kegiatan ini masih ada program mudik gratis Sido Muncul menjelang hari raya. Jogjakarta menjadi salah satu kota tujuan mudik dari warga yang kerja di kawasan Jabodetabek,” ujarnya.

Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti mengibaratkan program ini sebagai silaturahmi. Seribu dhuafa ini merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan di Kota Jogja. Dengan program ini dia berharap bisa meningkatkan taraf hidup khususnya terhadap kebutuhan harian. Setiap tahun lancar digelar dan penerimanya selalu orang yang berbeda. Dia berharap program ini terus berlanjut setiap tahunnya.”Apalagi perusahaan-perusahaan swasta maupun pengusaha untuk turut peran serta aktif,” katanya. (dwi/din/mg1)

Breaking News