Menahan lapar dan dahaga selama Ramadan diyakini bisa membuat tubuh lebih sehat dan tak mudah terserang penyakit. Karena itu, meskipun tak diwajibkan bagi anak-anak sebelum menginjak usia akil balig, mengajarkan berpuasa sejak usia dini sangatlah baik. Baik dari aspek psikologis maupun biologis.

“Salah satu manfaat puasa adalah istirahatnya organ pencernaan dan membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh,” ungkap Reza Aganta Praba, dokter Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Cangkringan, Sleman.

Menurut Reza, berpuasa bisa mencegah penyakit asam lambung. Kesehatan pencernaan orang yang berpuasa juga akan semakin baik karena pola makan menjadi lebih teratur. Berpuasa juga bisa memicu keluarnya hormon yang baik bagi perkembangan anak. Lebih dari itu, sistem imun anak akan meningkat, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Kendati memiliki banyak manfaat untuk anak-anak, Reza tak menganjurkan orang tua memaksakan si kecil berpuasa penuh, mulai Subuh sampai Magrib. Karena dari segi usia, anak-anak merupakan masa tumbuh kembang. “Tahapannya kan masih belajar puasa,” katanya.

Selain itu, aktivitas harian anak-anak lebih banyak diwarnai dengan bermain. Kegiatan ini cukup rentan menyebabkan anak mengalami dehidrasi. Karena itu, jika si anak dipaksa berpuasa penuh justru akan berdampak buruk bagi kesehatannya.

Untuk membiasakan berupasa, anak-anak harus dibangunkan untuk makan sahur. Menu sahur untuk anak harus diusahakan komplit nutrisi. Karena asupan gizi sangat berpengaruh pada kondisi anak. “Jangan hanya karbohidrat dan susu, tapi harus ada sayur dan sumber protein,” ucap Reza.

Selanjutnya dipantau, seberapa lama si kecil kuat menjalani puasa. Jika lapar sudah tak tertahankan, orang tua harus segera menyuruh si anak untuk makan. Tapi setelah itu, anak disarankan untuk berpuasa lagi. “Terapkan pola seperti itu seterusnya sampai si kecil mampu puasa penuh seharian,” sarannya.

Lantas bagaimana pola konsumsi minuman untuk anak? Untuk mencegah dehidrasi, anak-anak juga disarankan minum air minimal delapan gelas per hari. Atau semampu si anak, yang penting bisa terhindar dari dehidrasi. (cr4/yog/mg1)

Breaking News