Terpilihnya Djoko Pekik Irianto sebagai ketua umum KONI DIY harus menciptakan kepemimpinan yang kuat. Dengan kepemimpinan yang kuat akan membuat program KONI berjalan lebih efektif. Sebab, dipatuhi klub-klub dan perkumpulan anggotanya. Di samping itu, peningkatan prestasi olahraga menjadi semakin terarah dan fokus.

Leadership yang kuat akan diikuti oleh followership yang loyal dan berdedikasi pada tujuan sehingga ada jaminan berlangsungnya akselerasi pelaksanaan program kerja organisasi,” ungkap Gubernur DIY Hamengku Buwono X saat membuka musyawarah olahraga daerah luar biasa (musordalub) KONI DIY Tahun 2018 di Hotel Tara pada (12/5).

Dalam musordalub itu Djoko Pekik terpilih secara aklamasi. Dia menggantikan dr Hadianto Ismangoen SP.A yang meninggal pada Januari lalu. Mantan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI itu menjabat hingga 2021.

Selain mengingatkan pentingnya kepemimpinan yang kuat , HB X ingin sejumlah atlet DIY yang masuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) ikut menyumbangkan medali bagi Indonesia dalam ajang Asian Games XVIII 2018 di Indonesia pada 18 Agustus-2 September mendatang.

KONI DIY juga didorong menggenjot atlet-atletnya. Dari 41 cabang olahraga (cabor) Asian Games, 33 di antaranya merupakan cabang olimpiade. Sedangkan delapan cabang non-olimpiade. Itu menjadi peluang dan realisasi nyata bagi olahraga DIY.

“Jika memang ada, Pemda DIY sebagai pengampu olahraga di DIY akan memberikan support secara nyata pula,” katanya. Gubernur kemudian mengutip inspirasi pada Ikrar Lima Prasasti : Indonesia Bisa – Indonesia Juara. Mestinya DIY, sambung dia, bisa merumuskannya menjadi DIY Bisa – DIY Juara. “Saya berharap, ada satu dari tujuh cabang olahraga andalan DIY yang bisa meraih prestasi Asia,” harap HB X yang juga pernah menjabat ketua KONI DIY di era 1990-an.

Plt Ketua Umum KONI DIY Triyandi Mulkan mengatakan, musordalub beragenda tunggal memilih ketua umum definitif. Ini sejalan dengan amanat rapat anggota tahunan (RAT) KONI DIY pada 7 April 2018 lalu.

Bang Andi, sapaan akrabnya, juga merespons harapan gubernur agar KONI DIY meningkatkan pembinaan prestasi olahraga. Saat ini ada sejumlah fasilitas olahraga di DIY yang memenuhi syarat. Banyak pelatnas hingga kejurnas Wushu diadakan di DIY. “Ke depan melalui musordalub ini bisa meningkatkan pembinaan prestasi olahraga,” ujarnya.

Harapan agar kepemimpinan KONI DIY dipimpin sosok yang mumpuni juga disampaikan Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Pembinaan Organisasi KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno. (kus/mg1)

Breaking News