SLEMAN – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) perguruan tinggi berakreditasi A. Melalui Surat Keputusan nomor 54/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2018, akreditasi ini berlaku mulai 27 Maret 2018 sampai 27 Maret 2023.

Rektor UAJY Gregorius Sri Nurhartanto mengatakan akreditasi A yang didapat UAJY dengan nilai 368. “Baru bisa diumumkan sekarang karena baru menerima SK 25 April,” jelasnya.

Ketua yayasan UAJY Andi Trisyono mengatakan akreditasi tersebut menjadikan UAJY mempunyai tanggung jawab lebih besar. Pihaknya berharap dengan prestasi ini keberadaan UAJY dapat diakui internasional.

Nurhartanto menilai harus ada upaya mempertahankan kualitas dengan akreditasi A. Upaya tersebut dilakukan dengan meningkatkan mutu SDM dosen-dosen.

“Paling lama tiga tahun menjadi dosen di sini, harus lanjut S3 untuk jadi doktor,” tegas Nurhartanto.

Selain itu, mendorong publikasi hasil riset dosen dalam jurnal ilmiah interasional dan memberikan penghargaan pada dosen agar membuka diri untuk aktif terlibat dalam dunia internasional. “Kami juga meningkatkan kerjasama dengan perguruan tinggi asing seperti Taiwan dan Jerman,” kata Nurhartanto.

Pada 2013 UAJY masih berakreditasi B. Pada 2016 mengikuti arahan Kemenristekdikti mengikuti program percepatan peningkatan akreditasi. “Karena ada program peningkatan kualitas perguruan tinggi-perguruan tinggi Indonesia, harus tercermin dari sistem penjaminan mutu internal dan eksternal,” kata Wakil Rektor I UAJY Teh Jin Ai.

Wakil Rektor II UAJY Sigit Widiarto menjelaskan, secara nasional UAJY menempati peringkat ke-46 sebagai perguruan tinggi terbaik menurut Kemenristekdikti pada 2017. “Dan peringkat ke-9 dalam jajaran PT swasta,” kata Sigit.

Saat ini UAJY memiliki 11 program studi (prodi) S1 terakreditasi A, satu prodi baru belum terakreditasi. Sedangkan program S2 memiliki dua prodi terakreditasi A, tiga prodi terakreditasi B, dan satu prodi baru belum terakreditasi. (cr3/iwa/mg1)

Breaking News