SLEMAN – PSS Sleman akan menjamu Bhayangkara FC dalam laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu (28/2). Selain menguji kemampuan pemain kedua tim, pertemuan kedua kesebelasan juga punya agenda lain. Yakni melakukan pendekatan agar pihak kepolisian mencabut larangan suporter PSS memasuki wilayah Jawa Tengah.

Sebelumnya Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengeluarkan surat bernomor B/6858/VII/2017 tertanggal 26 Juli 2017 yang berisi larangan suporter PSS untuk mendukung timnya di wilayah Jateng. Surat itu dikeluarkan dengan pertimbangan insiden yang melibatkan suporter PSS. “Harapannya dengan uji coba nanti komunikasi dengan Bhayangkara FC bisa terjalin baik,” tutur asisten manajer PSS Dewanto Rahadmoyo di Sleman, Senin (26/2).

Dewanto mengakui dengan belum dicabutnya surat larangan dari Kapolda Jateng itu mau tak mau cukup menyulitkan PSS ketika bertanding di wilayah Jateng. Bahkan disebut-sebut rencana beruji coba dengan tim promosi Liga 2, Persik Kendal di Stadion Kebondalem, Kendal belum lama ini terpaksa dibatalkan karena alasan keamanan. “Hal itu juga menjadi bahan pertimbangan kami untuk membatalkan uji coba dengan Persik waktu itu. Kami ingin menjaga saja,” imbuh dia.

Ketua Panpel PSS Jaguar Tominangi menambahkan, pihaknya juga akan menjalin hubungan dengan kepolisian Jateng. Agar ke depan di kompetisi Liga 2 kejadian serupa tidak terjadi lagi. “Bukan masalah dicabut atau tidaknya. Suratnya kemarin itu kan juga abu-abu. Karena tidak ada masa berlakunya. Kami harap ada penyelesaian yang baik,” ungkapnya.

Uji coba melawan Bhayangkara FC menjadi yang kedua melawan tim Liga 1. Sebelumnya mereka menjajal Persebaya Surabaya di Maguwoharjo yang berkesudahan 1-4 untuk Bajul Ijo. Dewo mengatakan, dalam laga tersebut pelatih ingin melihat kesiapan tim terutama setelah hadirnya rekrutan baru Ikhsan Pratama dan I Made Wirahadi yang belum mendapat menit bermain maksimal saat menjamu Persebaya. “Pelatih ingin mematenkan komposisi tim. Termasuk melihat seberapa padu pemain baru. Ikhsan sudah tes fisik, tinggal teken kontrak,” kata Dewo.

Setelah melawan Bhayangkara FC PSS masih punya agenda menjamu PSMS Medan pada 4 Maret nanti. Setelah itu rencanakan uji coba away. Salah satunya ke Lumajang, Jawa Timur melawan Semeru FC. (riz/din/mg1)

Breaking News