SLEMAN – Mengawali rangkaian hari jadi yang pertama, komunitas pecinta sepeda (goweser) Antar Lintas Gowes Jogja (Algojo) bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sleman mengadakan l donor darah. Agenda sosial ini diadakan di Pospit Jalan Pakem, Labasan, Pakem, Sleman, pada Minggu (11/2) lalu.

Koordinator kegiatan Edi Purwanto mengatakan, acara yang bertajuk “Setetes Darah Anda Sangat Berarti untuk Mereka” ini terkumpul sebanyak 87 kantong darah. Dia menjelaskan peserta yang ikut sebanyak 157 orang, namun yang berhasil mendonorkan darahnya sebanyak 87 orang. Sedangkan sisanya gagal karena berbagai pertimbangan medis.

Alhamdulillah antusiasme peserta terus meningkat, ini sudah yang kedua kalinya diadakan. Kegiatan sosial semacam ini akan kami adakan rutin enam bulan sekali dengan target peserta yang lolos donor lebih dari seratus peserta,” ujarnya.

Edi menjelaskan, setelah kegiatan donor darah ini selanjutnya akan diadakan beberapa kegiatan lain seperti gowes susur Merapi. “Sebagai puncak acara pada Maret akan diadakan sarasehan dan gathering seluruh keluarga besar Algojo yang berjumlah sekitar 170 anggota. Juga mengundang komunitas gowes di wilayah Jogja dan sekitarnya,” ungkapnya.

Dia berharap, kekerabatan dalam persaudaraan akan terjalin semakin erat. Juga memberikan semangat untuk memupuk rasa welas asih dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan.

Penanggung Jawab Algojo Reno Candra Sangaji menambahkan, Algojo adalah gabungan dari berbagai komunitas sepeda di wilayah Jogjakarta dan sekitarnya dengan tujuan utama membangun persaudaraan sesama goweser dan membantu sesama.

Selain kegiatan sosial, ke depannya program Algojo bersama pemerintah Kabupaten Sleman dan BNNK Sleman membuat gerakan Sleman Gowes, Sleman Sehat, Sleman Tolak Narkoba.

Kegiatan tersebut dimulai dengan gowes antinarkoba Jogja-Malang yang berjarak 330 km. Acara ini akan dilaksanakan Kamis (15/2) berlokasi di halaman Balai Desa Condongcatur, Depok, Sleman. Kemudian dilanjutkan funbike masal di akhir tahun ini.

“Sekecil apapun peranannya, komunitas Algojo ikut membantu pemerintah mengatasi darurat narkoba,” kata Reno yang juga Kepala Desa Condongcatur ini.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun. Dalam sambutannya Sri menyampaikan dukungannya terhadap program-program positif komunitas Algojo. Muslimatun berpesan agar kegiatan seperti ini sebisa mungkin diadakan secara rutin. (**/ila)

Breaking News