MUNGKID – Dua bakal pasangan calon bupati Magelang sudah mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Magelang. Berbagai partai politik sudah membentuk koalisi dan menentukan arah dukungan masing-masing. Namun demikian, Partai Perindo belum menentukan sikap.

“Perindo menunggu instruksi ketum (DPP Perindo),” ujar Sekretaris DPD Perindo Kabupaten Magelang Aris Mundiano kemarin. Saat ini Perindo tengah menunggu hasil verifikasi faktual dari KPU. Secara nasional, partai baru ini akan diumumkan hasil verifikasinya oleh KPU pada 17 Februari mendatang. Setelah itu baru pengundian nomor parpol.

“Setelah itu baru kita rapatkan, untuk membahas sikap dukungan Pilbup Magelang,” tambah Ketua DPD Perindo Khaerudin.

Ia mengaku selama ini belum ada bakal calon kepala daerah yang menghubunginya, baik melalui komunikasi langsung maupun sambungan telepon. “Padi (Zeanal Arifin SIP-Edi Cahyana) maupun Zaroh HM Zainal Arifin-Rohadi Pratoto) belum ada yang komunikasi,” jelasnya.

Ia mengakui kedua bakal pasangan calon sama-sama memiliki potensi yang tinggi untuk memajukan Kabupaten Magelang. Siapa pun yang nanti terpilih, diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat.

Pernyataan Khaerudin ini sekaligus bentuk klarifikasi, terkait kabar yang beredar bahwa Perindo sudah mendukung salah satu pasangan calon. Menurutnya, kabar itu perlu diluruskan karena saat ini Perindo tengah fokus mengikuti tahapan verifikasi sebagai parpol baru. Verifikasi faktual akan diumumkan 17 Februari, dan 18 Februari baru pengundian nomor parpol. “Sehingga dukungan mau ke mana menunggu pusa,” ungkapnya.

Ia menduga, munculnya kabar Perindo mendukung salah satu bakal calon karena alasan tertentu. Mungkin ada oknum Perindo yang dekat dengan calon, kemudian memberikan manuver politik. Bisa saja kemudian memberikan kabar bahwa Perindo mau merapat ke salah satu pasangan.

Pilkada Kabupaten Magelang hanya diikuti dua bakal calon pasangan bupati. Keduanya yaitu Zaenal Arifin SIP (bupati)-Edi Cahyana dengan singkatan Padi yang diusung PDIP, PKB, PPP, PAN dan Demokrat. Sementara pasangan calon kedua Zaenal Arifin SH (wakil bupati Magelang)-Rohadi Pratoto dengan jargon Zaroh yang diusung Gerindra, Golkar dan PKS. (ady/laz/mg1)

Breaking News