BANTUL – Peluang Persiba Bantul untuk bertahan di Liga 2 memang sudah tertutup. Bahkan, tiga pertandingan tersisa sudah tidak memberikan dampak apapun bagi tim. Hal tersebut yang membuat motivasi pemain untuk berlatih menurun.

Akhir pekan kemarin, beberapa pemain absen dari latihan tanpa izin kepada pelatih. Hal itu tentu saja membuat pelatih kepala Hidayat merasa kecewa. Mantan juru taktik Persiku Kudus itu mengatakan, beberapa pemain yang absen Ginandaru Gesang, Putut Jati Purnomo, Sustria Nova, Jeni Gilang, Sarjono, dan Johan Manaji. “Dari yang absen hanya Johan yang menyampaikan izin untuk absen latihan. Selain itu tidak menghubungi kami,” ujarnya kepada wartawan, kemarin (13/8).

Meskipun sudah tidak ada peluang, menurutnya hal tersebut tidak sepatutnya dilakukan pemain profesional. Sebagai pemain seharusnya tetap menjalankan program latihan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Karena ada tanggung jawab profesional, dan juga tanggung jawab moral kepada suporter. “Harusnya tidak boleh seperti itu (absen latihan, Red). Saya sangat menyayangkan. Mungkin mereka sudah tidak ada motivasi bermain,” imbuhnya.

Absennya pemain tersebut, yang notabene pemain pilar di tim tentu mepengaruhi program latihan. Sebab dengan tiga laga tersisa masih banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya memberikan kemenangan perdana bagi suporter yang telah menanti-nanti. “Padahal ada banyak hal yang perlu dibenahi agar tim lebih kuat. Kalau mereka absen dan tidak serius latihan tentu berimbas ke pertandingan. Hasilnya tidak maksimal,” ungkapnya.

Tak ingin berlama-lama, dia menyerahkan kondisi tersebut kepada manajemen. Dia berharap ada tindakan dari manajemen agar memberi peringatan agar bisa disiplin setidaknya sampai fase grup berakhir. “Saya sampaikan ke manajemen untuk diberikan sanksi,” bebernya.

Dia berharap, jeda waktu yang cukup sebelum menjamu Persipur Purwodadi bisa digunakan agar persiapan lebih maksimal. Lama berada di Pantura, dia sedikit banyak mengetahui mengenai Persipur. Bermain di kandang dia berharap bisa memberikan kemenangan pertama bagi The Reds- julukan Persiba Bantul. (riz/din/ong)

Breaking News