RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Sebanyak 12 tim yang terdiri atas 6 tim putra dan putri dipastikan akan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Basket Kelompok Umur (KU)-16 di GOR Klebengan, Sleman, 5-10 April. Mereka akan bersaing ketat pada even yang digelar sekaligus seleksi pembentukan Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia untuk kejuaraan SEABA 2017 mendatang.

Ketua Panitia Kejurnas Basket KU-16 Adi Pramono mengatakan, peserta tahun ini memang tidak sebanyak even sebelumnya yang juga digelar di DIJ. Pada tahun ini hanya ada enam tim yang semuanya berasal dari Pulau Jawa. Selain tuan rumah DIJ, peserta lainnya adalah DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng dan Jatim.

Meskipun hanya dari Jawa, Adi mengatakan, tidak akan mengurangi gengsi kejurnas tersebut. Karena peta kekuatan basket tanah air masih didominasi tim-tim dari Pulau Jawa. Seperti pada even sebelumnya, juara tim putra diraih DKI Jakarta, sementara secara mengejutkan juara di sektor putri adalah DIJ.

“Tahun ini memang peserta sedikit karena berbarengan dengan agenda ujian sekolah. Jadi banyak Pengprov Perbasi yang tidak bisa mengirimkan karena atletnya terbentur ujian di sekolah masing-masing. Tapi PP Perbasi tak bisa berbuat banyak dan tetap menginginkan even ini terlaksana, terlebih Mei nanti sudah ada kejuaraan SEABA,” ujarnya.

Para tim peserta diyakini sangat berambisi untuk bisa keluar sebagai juara dan mematahkan dominasi tim basket DKI Jakarta dan Jogjakarta.”Seperti diketahui, Jakarta selama ini selalu mendominasi baik tim putra dan putri. Seperti tahun lalu di bagian putra juaranya tetap DKI, tapi di putri mengejutkan karena DIJ bisa juara juga. Jadi pasti masih akan tetap menarik dan seru,” tambahnya.

Di sisi lain, Pelatih Kepala Tim Basket Putra DIJ Rinto Widianto mengaku sangat berambisi mengikuti jejak tim putri yang berhasil menjadi juara tahun lalu. Hal itu akan menjaditantangan tersendiri, karena di satu sisi latihan harus berbagi waktu dengan anak-anak yang sibuk belajar untuk ujian.

“Kami tetap optimis bisa menampilkan permainan terbaik dan berharap bisa menyamai prestasi tim putri tahun kemarin,” tuturnya. Rencananya di masing-masing kelompok semua tim akan saling bertemu. Dua tim peringkat teratas akan bertemu untuk mendapatkan juara satu dan dua. (riz/laz/ong)

Breaking News