RADARJOGJA.CO.ID – Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih memungut sampah di jalanan, Senin (20/2). Dengan alat seadanya Halim terliat cekatan memungut sampah yang ada di tanah bersama jajaran pegawai tim pemungut sampah bentukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul. Aksi tersebut dilakukan di sepanjang Jalan Parangtritis Bantul dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2017.

“Jangan merasa jijik memungut sampah apalagi sampah di lingkungan rumah sendiri,” pesan Halim kepada masyarakat Bantul.

Menurut Halim, aksi memungut sampah ini bagian dari program jangka panjang Bantul Bersi Sampah 2019. Dengan aksi ini, ia berharap masyarakat Bantul sadar akan penhtingnya kebersihan di lingkungannya. “Kebersihan itu bagian dari iman,” jelas Halim.

Kepala BLH Bantul Masharun Ghozali mengatakan, jalan ibarat muka. Maksudnya, di sepanjang jalan bersih maka orang yang datang ke Bantul memandang bumu Projotamansari sebagai Kabupaten yang bersih, dan masyarakat yang cinta akan kebersihan lingkungan.

Sehingga, Bantul yang bersih indah dan nyaman akan mengundang wisatawan untuk berkunjung ke Bantul. Gerakan gropyokan sampah ini diharapkan akan memotivasi masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk berbuat yang sama, dan harapannya sebagai kebiasaan atau habit warga masyarakat Bantul, katanya.

“Masyarakat harus selalu menjaga kebersihan dan berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan indah, sehingga cita-cita Bantul Bersih Sampah 2019 tercapai,” tambah mantan Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal Bantul ini. (mar/dem)

Bantul