RADARJOGJA.CO.ID – Peta kekuatan partai pengusung paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja 2017 jika berdasarkan perolehan suara pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 lalu mengarah ke paslon HS-HP. Hal itu tak lepas dari jumlah partai pengusung paslon nomor dua yang mencapai enam parpol. Sedang parpol pendukung IP-Fadli hanya tiga parpol. Begitu pula di Kulonprogo, jika didasarkan hasil perolehan Pileg 2014, maka pada Pilbub Kulonprogo 2017 paslon Hasto-Sutedjo bisa lebih unggul.

Di Kota Jogja, Pileg 2014 lalu total terdapat 12 parpol yang bersaing dengan memunculkan PDIP sebagai pengumpul suara terbanyak. Pada pilwali kali ini, dalam mengusung IP-Fadli, PDIP berkoalisi dengan Partai Nasdem dan didukung partai non-parlemen, PKB. Sedangkan HS-HP diusung Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra, PKS, dan Partai Demokrat. Juga mendapat dukungan dari PPP.

Di lima daerah pemilihan (dapil), PDIP unggul dengan total 77.236 suara. Di Dapil 1 (Mantrijeron, Mergangsan, Kraton) jumlah suara parpol pendukung HS-HP 29.035 suara. Sedangkan parpol pendukung IP-Fadli 18.380 suara.
Di Dapil 2 (Wirobrajan, Ngampilan, Gondomanan, Pakualaman) pengusung HS-HP total 22.243 suara, sedang IP-Fadli 16.120 suara. Tetapi, di Dapil 3 (Tegalrejo, Jetis, Gedongtengen) jumlah suara parpol pendukung IP-Fadli unggul tipis yaitu 22.764 suara. Sedang parpol pendukung HS-HP 22.453 suara.

Dapil 4 (Danurejan dan Gondokusuman) perolehan parpol HS-HP 17.959 berbanding 14.834 suara pendukung IP-Fadli. Dapil 5 (Umbulharjo dan Kotagede) perolehan suara parpol HS-HP unggul telak dengan 36.682 suara berbanding 16.227 suara parpol IP-Fadli.

Meskipun jumlah suara dalam pileg lalu lebih kecil, Ketua Tim Pemenangan IP-Fadli, Danang Rudyatmoko mengaku tidak takut. Menurutnya, untuk pilwali berbeda dengan pileg, karena lebih melihat pada kekuatan figur.
DalamPilpreslalu, pasangan yang diusung PDIP, Nasdem, dan PKB, Joko Widodo dan Jusuf Kalla memperoleh suara di Kota Jogja sebanyak 147 suara dan menang di 13 kecamatan, kecuali Kotagede. “Saya kira warga akan melihat dari figur paslon untuk menentukan pilihannya,” ujar Ketua DPC PDIP Kota Jogja itu.

Sementara Steering Committee Tim Pemenangan HS-HP, Muhammad Sofyan, mengatakan kekuatan pemenangan HS-HP terdapat pada konsolidasi partai pengusung dan pendukung. “Dengan modal enam parpol koalisi akan menjadi kekuatan penting dalam menyukseskan paslon,” ujarnya.(pra/ila/ong)

Breaking News