RADARJOGJA.CO.ID – Sementara itu, sebanyak sembilan mahasiswa masih dirawat di RS JIH. Sebagian besar dari mereka mengeluhkan sakit pada bagian ulu hati.

Ketua Tim Medis yang menangani peserta TGC Mapala UII Moch Khalimur Rouf menjelaskan, peserta diksar mengeluhkan perih ulu hati. Kondisi itu bisa disebabkan karena banyak hal. Dugaan awal, itu terjadi karena konsumsi makan selama menjalani survival.

“Itu kan di gunung. Bisa jadi ada kuman dan sebagainya. Kalau imunitas tidak baik bisa juga masuk,” kata Rouf.

Diungkapkan, sejumlah peserta saat di JIH mengalami infeksi saluran kencing dan peradangan lambung. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari benturan di perut, makanan hingga stres lambung.

Saat ini, pihak rumah sakit telah melakukan penanganan untuk keluhan yang dirasakan peserta. Termasuk, keluhan nyeri di bagian ulu hati. “Kami lakukan screening apakah karena pendarahan dalam atau stres,” katanya.

Dia menjelaskan, bisa jadi keluhan tersebut dikarenakan stres yang dialami peserta pascamengikuti kegiatan TGC. Guna menangani stres peserta diksar, RS JIH juga sudah menyiapkan psikolog yang akan menangani kejiwaan para peserta. “Kecemasan-kecemasan ini yang akan ditangani oleh tim psikolog,” jelasnya. (bhn/ila/ong)

Breaking News