Harnum Kurniawati/Radar Jogja
MAGELANG – Seorang buruh senggrong atau bongkar muat pasir di kawasan Borobudur, Suparyanto alias Mbilung, 35, warga Dusun Ganjuran 2 RT 04 RW 06, Desa Tuk Songo, Borobudur, Kabupaten Magelang, ditangkap Reserse Narkoba Polres Magelang Kota. Dari tangan tersangka disita plastik berisi sabu-sabu (SS) seberat 3,00 gram.

Penangkapan terhadap tersangka ini berawal ketika Reserse Narkoba Polres Magelang Kota pada Selasa (22/3), memperoleh informasi akan adanya transaksi narkoba di Kampung Tidar Sawe, Tidar Selatan, Kota Magelang. Petugas langsung bergerak cepat dengan menyanggong, hingga akhirnya Rabu (23/3) pukul 03.45 WIB, ada seseorang yang mengambil bungkusan plastik di depan gapura makam kawasan kampung itu.

Petugas yang telah melakukan pengintaian akhirnya menangkap seseorang itu dan diketahui bernama Suparyanto alias Mbilung. Petugas langsung melakukukan penggeledahan dan menemukan satu bungkus plastik sabu-sabu di saku jaket. Malam itu tersangka langsung digelandang menuju Mapolres Magelang Kota guna menjalani pemeriksaan.

Kapolres Magelang AKBP Edi Purwanto melalui Kabag Humas AKP Esti Wardiani mengatakan, saat ditangkap dari tangan tersangka ditemukan plastik di jaketnya yang berisi sabu-sabu. Tersangka mengakui SS itu bukan miliknya, namun hanya disuruh mengambil.

“Pengakuan dia hanya disuruh untuk mengambil, kemudian dari mengambil tersebut mendapatkan bagian terus dipakai,” kata Esti kemarin.

Menurut Esti, perbuatan yang dilakukan tersangka diancam Pasal 112 ayat satu dan atau Pasal 127 ayat satu huruf a UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkoba dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Menunggu proses hukum lebih lanjut, tersangka kini mendekam di tahanan Mapolres Magelang Kota.

Tersangka Mbilung kepada petugas mengakui telah dua kali dimintai tolong Tyok, warga Borobudur, untuk mengambil barang haram itu. Kali pertama mengambil pada Januari lalu di kawasan Jalan Beringin, Kota Magelang. Kemudian yang kedua dipergoki petugas dan ditangkap. (cr1/laz/ong)

Breaking News