HERI SUSANTO/RADAR JOGJA
NGEYEL: Salah seorang pengunjung Malioboro kedapatan memarkir kendaraannya di lokasi yang tidak semestinya.
JOGJA – Usai realisasi Malioboro menjadi semi pedestrian, Dinas Perhubungan dan Polresta melakukan razia parkir. Hasilnya, dua pengendara sepeda motor yang diparkir di sisi barat Malioboro ditilang. Ini akan berlaku sampai benar-benar tertib.

Parkir kendaraan di sirip Malioboro juga ditertibkan. Ini berlangsung di penggal Jalan Dagen dan Jalan Pajeksan dengan satu jukir terjaring. Kepala Seksi Pengendalian Bidang Bimbingan Keselamatan dan Pengendalian Operasi Dishub Kota Jogja Asung Waluyo menjelaskan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para juru parkir (jukir). Tidak ada bangkitan tempat parkir baru. Selain itu, tidak ada toleransi bagi yang melanggar. Apalagi rambu larangan parkir juga sudah terpasang.

“Kami tidak akan mengeluarkan surat tugas parkir untuk jukir sepeda motor. Sehingga jika ada yang memanfaatkan sebagai lokasi parkir, dipastikan ilegal,” tandasnya di sela razia, kemarin (5/3).

Penindakan tak hanya bagi jukir. Polisi juga menindak penggunanya. Khusus untuk penindakan jukir ada di instansi dishub. “Masuk tipiring. Sedangkan penindakan terhadap pengendara, menjadi kewenangan kepolisian,” terangnya.

Selama razia, petugas gabungan sempat membubarkan parkir sepeda motor yang berada di Jalan Dagen. Namun, sebagian besar pengguna ialah karyawan toko setempat sehingga sepeda motornya hanya dipindahkan ke lokasi yang menjadi kawasan toko tersebut. Selain itu, Polresta Jogja juga memberikan bukti pelanggaran (tilang) kepada dua pengendara lantaran memarkir sepeda motornya di jalur lambat Malioboro.

Kanit Patroli Polresta Jogja Iptu Tugiman mengaku, pihaknya akan menindak tegas jika sudah terbukti melakukan pelanggaran. Bagi yang terkena tilang, akan diajukan ke pengadilan pada 22 April 2016 mendatang. “Sejak dulu jalur lambat Malioboro tidak boleh untuk parkir kendaraan bermotor,” terangnya.

Bagi pengendara sepeda motor yang hendak menuju Malioboro juga sudah diarahkan agar memarkir kendaraannya di Taman Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali (ABA) lantai dua dan tiga. Pemkot menempatkan petugas maupun rambu petunjuk di sepanjang Malioboro guna mengarahkan lokasi parkir tersebut. (eri/ila/ong)

Breaking News