GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA
DULU V SEKARANG: Wisatawan bebas berjalan kaki di bahu jalan sisi timur Malioboro setelah lahan parkir berhasil direlokasi ke TKP ABA, Jogjakarta, Senin (4/4). Foto kanan, Suasana kawasan Malioboro ketika parkir motor masih menempati sisi timur.
JOGJA – Hari pertama Malioboro menjadi semi pedestrian menjadi sangat lengang, kemarin (4/4). Jika biasanya di kawasan tersebut penuh dengan kendaraan roda dua sehingga menyulitkan pejalan kaki, suasana berubah setelah menjadi semi pedestrian.

Di sepanjang jalan, beberapa petugas keamanan dari TNI, Polri, dan Satpol PP malah tampak asyik. Begitu pula dengan pengunjung Malioboro. Tampak beberapa orang menikmati suasana lengang dengan berkumpul dan ber-selfie ria di depan Hotel Inna Garuda.

Bahkan, beberapa aparat kepolisian berseragam maupun nonseragam juga memanfaatkan momentum baru Malioboro itu. Mereka tetap seperti masyarakat umumnya, selfie dengan background Malioboro yang lengang.

Salah seorang pejalan kaki Ariyanto menuturkan, suasana Malioboro terasa lebih nyaman. Mau berjalan pelan atau lari sekalipun sekarang bisa. Tanpa perlu khawatir jalan yang sempit untuk lalu lalang. “Mlaku mundur yo iso mas,” terang warga Bantul ini ditemui di Malioboro kemarin.

Dia mengungkapkan, dengan pemindahan parkir ke Taman Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali (ABA), bisa lebih lama menikmati Malioboro. Tak hanya sekadar pergi ke pusat perbelanjaan, di Malioboro sekarang juga bisa untuk menghabiskan waktu. “Lebih romantis,” kelakarnya.

Untuk pemindahan parkir dari sisi timur jalan fenomenal tersebut, Pemkot Jogja dan Pemprov DIJ memasang pagar portabel. Di bagian luar pagar itu bertuliskan banyak sekali tagline Jogja Istimewa. Beberapa dilengkapi dengan gambar konsep Malioboro nantinya.

Sedangkan, untuk menjaga sisi timur Malioboro ini tetap steril, petugas gabungan dari Polresta Jogja, TNI, dan Satpol PP tampak berjaga-jaga. Mereka mengingatkan beberapa pengunjung atau karyawan toko yang masih akan memarkir kendaraan roda duanya di sisi timur ini. “Parkirnya dipindah ke ABA. Memutar lewat Sosromenduran,” kata salah seorang petugas.

Selama masa operasional perdana TKP ABA, Pemkot Jogja menggratiskan parkir sepeda motor di lantai dua dan tiga selama dua hari kemarin (2/4) dan hari ini (5/4).

“Sebagai bagian sosialisasi kepada warga yang selama ini menjadi pengguna parkir sepeda motor di sisi timur sepanjang Jalan Malioboro,” ujar Wali Kota Haryadi Suyuti kala memantau pemindahan parkir di Malioboro.

Untuk tarif parkir, pemkot berencana menerapkan tarif parkir progresif di TKP ABA. Dengan ketentuan mulai Rp 2 ribu untuk satu jam pertama. Namun, ada tarif maksimal yang ditetapkan yaitu Rp 3 ribu.

Diakuinya, proses pemindahan parkir ke TKP ABA sempat mendapatkan reaksi dari juru parkir (jukir) yang biasanya bekerja di Jalan Malioboro. Para juru parkir tersebut merasa khawatir, pendapatan di lokasi parkir baru tidak mampu menunjang kesejahteraan mereka.

Total juru parkir yang memperoleh surat tugas di Malioboro tercatat sebanyak 95 orang ditambah sekitar 120 pembantu juru parkir. Pemkot Jogja meminta juru parkir yang pindah ke TKP ABA mendaftar kemudian diverifikasi. Sampai saat ini, sudah 89 jukir dari 95 yang mendaftar melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro.

“Meskipun pendaftaran sudah ditutup, namun kami masih membuka kesempatan jika ada juru parkir yang ingin menyusul mendaftar,” kata HS, sapaannya.

Selama dua bulan masa transisi di lokasi parkir baru, juru parkir akan memperoleh surat tugas sebagai penata parkir. Selama dua bulan itu, setiap jukir dan pembantunya memperoleh kompensasi senilai Rp 50 ribu per hari.

HS menuturkan, infrastruktur untuk memudahkan karyawan toko di sepanjang Jalan Malioboro mencapai tempat kerja juga telah disiapkan yakni shuttle bus gratis. Shuttle bus tersebut dapat diakses di TKP ABA. Layanan bus dapat diakses setiap jam masuk kerja, bus tersebut langsung diberangkatkan jika ada penumpang.

Salah seorang juru parkir yang pindah ke TKP ABA Ponijo, 48, mengatakan, memperoleh luasan parkir yang sama antara lokasi parkir di Malioboro dengan TKP ABA. “Luasnya sama, cukup untuk 40 sepeda motor sekali parkir,” katanya.

Dia menuturkan, lebih memilih mengikuti rencana pemkot karena memiliki tanggung jawab keluarga. “Kalau saya ngeyel malah tidak bisa bekerja. Padahal, anak dan istri di rumah butuh makan,” tandasnya.

Meski sudah beberapa kali dipamerkan, belum banyak masyarakat yang tahu tentang konsep penataan semi pedestrian Malioboro. Seperti para juru parkir (jukir) sisi timur Malioboro yang sebelumnya menolak dengan alasan belum tahun konsep penataan Malioboro. Oleh karena itu, untuk sosialisasi, gambar konsep penataan Malioboro dipasang di sisi timur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) DIJ Rani Sjamsinarsi mengatakan, gambar konsep penataan Maliobroo hasil sayembara tersebut sengaja dipasang. Harapannya, masyarakat tahu tentang rencana semi pedestrian Malioboro tersebut. “Masyarakat bisa tahu Malioboro nanti mau diapakan,” tandas Rani ketika ditemui di DPRD DIJ, kemarin (4/4).

Menurut Rani, proses revitalisasi Malioboro tidak selesai hanya pada relokasi jukir saja. Pekerjaan berikutnya sudah disiapkan. Rani menjelaskan, sisi timur Maliobro akan dibenahi. Langkah pertama mengganti alas trotoar serta pengadaan street furniture. Di sana nantinya dibangun taman, tempat duduk hingga instalasi air bersih siap minum. Termasuk mengganti vegetasinya dengan pohon gayam dan asem. “Ya ditanam yang kecil dulu kan tidak boleh menebang yang besar,” jelasnya.

Anggaran untuk pekerjaan fisik tersebut berasal dari Dana Keistimewaan (Danais) 2016 senilai Rp 24 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk semua kegiatan penataan, kecuali pembangunan toilet underground di sekitar Titik Nol. Saat ini proses tender sudah memasuki hari terakhir masa sanggah. “Besok sudah mulai kontrak. Kapan mulainya terserah kontraktor, yang jelas kalau telat saya denda,” tegasnya.

Sementara itu, untuk memastikan kesiapan dan oeprasional TKP ABA, hari ini (5/4) Gubernur HB X direncanakan melihat langsung operasional parkir pascarelokasi. (eri/pra/ila/ong)

Breaking News