JOGJA – Sungguh ekspresif, goresan drawing karya Mart Kakok. Belasan karya pria 39 tahun itu dipamerkan di Venezia Home Stay and Garden, La Gondola di Jalan Surami 55, Matrijeron, Jogja hingga 27 Juni nanti. Semua menggambarkan kisah pengalaman hidup yang dialami.
Misalnya, karya berjudul Changed yang bermedia cat minyak di atas kertas. Lewat karya bergambar seorang anak mencium kuda kepang, Mart Kakok ingin menunjukkan seorang penari Jathilan sudah dikenalkan kuda kepang sejak kecil.
“Dengan karya ini, saya ingin menunjukkan pengalaman hidup saya tentang kisah totalitas penari Jathilan di lereng Merbabu,” jelas Mart Kakok yang rutinitasnya bekerja sebagai tour guide.
Selain tema di setiap karya unik, visualnya menarik perhatian mata. Pemilihan warna catnya terasa mantap. Dia kerap menggunakan warna-warna primer untuk objek utama. Sedangkan background menggunakan warna alami kertas yang cenderung bernuansa pastel lembut. Hal ini membuat objek utama gambarnya mencolok.
Pameran seni bertajuk “Saya Lagi” itu merupakan wujud simbol penggambaran diary Mart Kakok. Meski bisa dibilang sederhana, pameran tersebut mampu mewakili pemikiran Mart Kakok yang unik dan menarik disimak.
Salah satunya adalah drawing berjudul Hard Work. Drawing berukuran 50 x 35 centimeter mengisahkan sebuah keputusan. “Bukankah dalam keseharian kita selalu dihadapkan pada keputusan-keputusan yang terus menerus,” kata Mart kakok.
Keputusan yang tidak lepas dalam kehidupan dia gambarkan sosok hiu yang tidak berdaya terjepit piano. Baginya piano adalah alat musik yang menghasilkan nada-nada indah. Namun, apabila terlalu terbuai keindahannya dapat mencengkeran dan menyakitkan. Mart memilih piano karena dia alumni seni pertunjukan, jurusan musik.
Sementara itu, Winarso Taufik seniman grafis ini memberikan apresiasi terhadap pameran tunggal drawing ini. Perupa yang pernah menang Trienal Seni Grafis Indonesia #3 itu salut terhadap semangat seorang Mart kakok yang notabene bukan lulusan bidang seni rupa. “Karyanya tegas tanpa basa-basi. Goresannya bak akrobat visual,” tandasnya. (ila/jko/ong)

Breaking News