Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja
JALUR MANUAL: Para orangtua mendaftarkan anaknya pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur manual untuk jenjang SD di wilayah Mergangsan, Kota Jogja, kemarin (22/6).
JOGJA – Orang tua yang memiliki anak akan masuk Sekolah Dasar (SD), kini mulai dibuat sibuk. Di Kota Jogja, hari-hari ini saatnya penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Ada dua jalur masuk, yakni Real Time Online (RTO) dan jalur manual.
Dalam tanggal pelaksanaannya, kedua jalur masuk ini juga berbeda. Jika PPDB RTO jenjang SD sudah mengumumkan hasil pada Senin kemarin (22/6), PPDB manual pada waktu yang sama baru membuka pendaftaran.
Kepala Bidang Pengembangan Kependidikan (Kabid Bangdik) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja Samiyo SPd MM mengatakan, untuk PPDB manual, pendaftaran dibuka 22 Juni 2015 di sekolah yang dituju masing-masing.
Dijelaskan, dalam pelaksanaan PPDB jenis RTO dengan manual, tak memiliki banyak perbedaan. Hanya saja PPDB RTO menggunakan program seleksi otomatis memakai komputer. Selain itu, hasil seleksi juga dapat dipantau online.
“Sementara PPDB manual, proses seleksi dilakukan oleh petugas PPDB masing-masing sekolah dengan mengikuti aturan Disdik Kota Jogja,” ungkap Samiyo.
Jumlah sekolah negeri tingkat SD yang menyelenggarakan PPDB sistem RTO tahun 2015 ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu hanya 16 sekolah, maka pada tahun ini bertambah menjadi 20 sekolah. (aga/laz/ong)

Breaking News