DWI AGUS/RADAR JOGJA
IBADAH: Suasana di Masjid Pathok Negara Ad-Darojat Babadan. Selama bulan puasa ini ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan Solid.
BANTUL – Masjid Pathok Negara Ad-Darojat Babadan memiliki beragam agenda khusus selama Ramadan 1436 H. Kali ini mengangkat tema Ramadan Solid dengan berbagai kegiatan hingga akhir bulan nanti.
Ketua Panitia Ramadan Naufal Ahmad mengungkapkan, tema tahun ini wujud kesatuan, di mana mengajak seluruh umat muslim khususnya para pemuda Desa Babadan untuk bersatu. Terutama untuk meningkatkan nilai Ukhuwah Islamiah.
“Tema ini bertujuan memperat insan muslim di Babadan. Melalui tema inipula ingin meningkatkan kepedulian antarumat manusia. Tentunya dengan berbagai agenda selama Ramadan,” kata Naufal, Senin (22/6).
Pengajian Songsong Ramadhan telah diselenggarakan 7 Juni lalu sebagai gerbang pembuka. Dalam kesempatan ini Ustadz H Edy Musoffa SAg didapuk menjadi pembicara. Sedangkan selama bulan Ramadan digelar tadarus Alquran usai salat tarawih.
Agenda rutin pengajian dan takjilan menjelang berbuka puasa rutin digelar setiap sorenya. Sementara itu buka bersama anak yatim akan digelar 28 Juni mendatang. Dalam kesempatan ini Ikatan Pemuda Islam Babadan (IPIB) mengundang 200 anak yatim piatu dari seluruh Jogjakarta.
“Untuk tahun ini kegiatan Olimpiade Santri ditiadakan. Rencananya akan diselenggarakan dua tahunan. Sedangkan untuk buka bersama tetap berlangsung dengan mengundang teman-teman dari panti asuhan,” kata Naufal.
Selain bagi takjil berbuka, IPIB juga berbagi santap saur. Rencananya kegiatan sahur on the road ini akan digelar 12 Juli mendatang. Ada sekitar 400 bungkus santap sahur yang akan dibagikan dalam kegiatan ini.
Makin menguatkan tema yang diusung, IPIB juga menyelenggarakan kegiatan kepemudaan. Ada kajian remaja umum pada 21 Juni nanti. Selain itu, adapula pelatihan menjadi Master of Ceremony (MC) pada 1 Juli yang akan datang.
“Kebetulan dalam rangka regenerasi kepengurusan juga. Sehingga menjadi bekal untuk pemuda-pemudi IPIB ke depannya,” kata Naufal.
Melengkapi ragam agenda, Pengajian Akbar Nuzulul Quran digelar 4 Juli. Adapula Khataman Alquran yang diselenggarakan 13 Juli. Sebagai penutup adapula bakti sosial bagi warga yang membutuhkan. “Dalam kesempatan ini akan dibagikan sembako dan kebutuhan saat hari Raya Idhul Fitri pada 15 Juli,” terangnya. (dwi/ila/ong)

Breaking News