JOGJA – Predikat Kota Jogja sebagai kota pelajar, budaya, pariwisata, bakal bertambah lagi. Ini setelah Institute Teknologi Bandung (ITB) memasukkan Jogja menjadi satu dari 32 kota yang masuk nominasi kota cerdas.
Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (TIT) Sekretariat Kota (Setkot) Jogja Sukadarisman mengatakan, Kota Jogja masuk di penilaian Kota Cerdas 2015. Saat ini, merupakan tahap kedua. Pada tahap pertama lalu, Kota Jogja lolos bersama dengan 31 kota lain dari 90 kota yang dinilai.
Hanya saja untuk bisa mendapatkan predikat Kota Cerdas 2015, tidak mudah. Sebab, Kota Jogja harus bersaing dengan kota-kota lain. Mereka memenuhi syarat untuk cerdas ekonomi, cerdas lingkungan, dan cerdas sosial.
“Semua syarat itu pasti ada indikatornya penilaiannya,” ujar Sukadarisman.
Untuk penilaian ketiga parameter itu, lanjut Kadar, sapaan akrabnya, tim penilai sudah mendatangi. Bahkan, bagian TIT juga telah menunjukkan beberapa pemanfaatan teknologi dan inovasi kebijakan di tiga kategori tersebut.
Bahkan, tim tersebut juga mengecek langsung. Misalnya untuk bidang ekonomi, tim dari ITB ini langsung mendatangi sentra-sentra UMKM di Kota Jogja. Juga beberapa pasar tradisional. “Yang paling penting adalah kebijakan dari pemerintah untuk bidang ekonomi itu sejauh mana?” lanjutnya.
Kemudian untuk bidang sosial. Tim ini melihat langsung ke sosial masyarakat. “Juga bagaimana pemanfaatan teknologi informasi mengenai penanganan masalah-masalah sosial ini,” paparnya.
Tak kalah penting yakni bidang pendidikan dan kesehatan. Kedua bidang ini menjadi perhatian utama. Ini terkait pemanfaatan teknologi informasi dan dari lingkungan terkait penanganan polusi udara.
Selain itu, tim penilai juga meninjau langsung pemanfaatan teknologi informasi terkait layanan di tiga variabel tersebut di Dinas Perizinan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Puskesmas Umbulharjo II.
“Sekarang sudah selesai. Nanti, tinggal menunggu Pengumuman seleksi Kota Cerdas 2015 ini pada Agustus mendatang,” terangnya.
Tahun ini, menurut Kepala Bagian Humas dan Informasi Setkot Jogja Tri Hastono, Kota Jogja telah meraih Indonesia Digital Society Award (IDSA). Penghargaan di bidang pemanfaatan teknologi informasi ini merupakan kesekian kalinya diterima Kota Jogja.
“Tahun ini mendapatkan empat penghargaan di ajang bergengsi tersebut, dan dikukuhkan sebagai best of the best IDSA 2015,” katanya.
Penghargaan Best Of The BestIDSA 2015 diperoleh Kota Jogja setelah memborong penghargaan pada empat kategori, yakni Juara I kategori E-Tourism, Juara I Kategori E-Education, peringkat ke dua dalam kategori E-Health, dan peringkat kedua dalam kategori E-Govermen. “Ini upaya dalam rangka untuk meningkatkan Kota Jogja yang berdaya saing tinggi,” tandasnya. (eri/jko/ong)

Breaking News