POTENSIAL: Rafi Murdianto dan Evan Dimas Damono, penggawa Timnas U-23 saat menjalani latihan di Lapangan UNY beberapa waktu lalu.
SLEMAN – Pemerintah memastikan lokasi training center (TC) Timnas U-23 proyeksi SEA Games 2015 pindah. Da-ri awalnya di Jogjakarta, kini ditempat-kan di Bandung, Jawa Barat.Deputi IV Bidang Peningkatan prestasi Kemenpora, Djoko Pekik Irianto, menyebut lapangan menjadi alasan utama venue TC pindah. “Kami mencari lapangan sin-tetis yang bagus, karena lapangan di SEA Games Singapura nanti sintetis, di Jogja tidak mungkin,” katanya di kantor Kemen-pora, kemarin (4/5).Di Bandung, lapangan progresif ada-lah salah satu lapangan yang cocok untuk menggelar TC. Lapangan itu juga menjadi jujugan Persib Bandung saat berlatih di lapangan sintetis.Pindahnya venue juga membawa kon-sekuensi, TC yang awalnya mulai dige-lar pada 5 Mei, harus mundur sehari menjadi 6 Mei. “Time line-nya ganti karena kami harus cari lapangan yang available. Kalau di Jogja te-tap tanggal 5 tapi pindah ke Bandung, jadi 6 Mei,” jelasnya.
Sebelumnya, pelatih kiper Tim-nas U-23 Benny van Brekeulen berharap TC tetap bisa terseleng-gara di Jogjakarta. Sebab, penyeleng-garaan Sea Games hanya tinggal be-berapa bulan saja. Selain itu, di juga dipusingkan dengan kompetisi Liga Indonesia yang ber-henti di tengah jalan. Dampaknya, pihak pelatih kesulitan mendapatkan pemain yang dalam kondisi fisik prima.Sebab menurutnya, kekuatan pemain inti di Timnas U-23 didominasi oleh klub-klub ISL. Sehingga, lebih dipre-diksi karena hanya didominasi sejum-lah klub. Seperti Persebaya Surabaya dengan enam pemain, Barito Putra empat pemain serta Persipura Jaya-pura dengan tiga pemain.”Namun di luar Persipura yang masih berkompetisi di AFC Cup. Jadi, kesiapan dari pemain-pemain Persebaya dan Barito masih diragukan,” jelasnya. (jpnn/bhn/din/ong)

Breaking News