SETIAKY/RADAR JOGJA
KOMANDAN BARU: Brigjen TNI M Sabrar Fadhilah (kiri) dan Kolonel Inf Stephanus Tri Mulyono (pegang panji kebesaran Kodam IV/Diponegoro) di Makorem 072/Pamungkas kemarin (3/5).
JOGJA – Pucuk kepemimpinanan di Korem 072/Pamungkas resmi berpindah tangan. Posisi Bri-gjen TNI M Sabrar Fadhilah sebagai Danrem kini telah digantikan Kolonel Inf Stephanus Tri Mulyono. Dia sebelumnya Danrem 073/ Maku-tarama Salatiga. Sedangkan Sabrar Fadhilah se-gera menempuh pendidikan di Lemhanas. Pro-sesi serah terima jabatan akan dilakukan hari ini di Makodam IV/Diponegoro di Semarang.Dalam upacara penerimaan komandan baru, Sabrar meminta kepada penggantinya Kolonel Inf Stephanus Tri Mulyono agar meneruskan program TNI AD terdahulu. Ia percaya, Mulyono dapat menjalankan program tersebut dengan baik.
Apalagi, ia sudah berpengalaman saat me-mimpin Korem 073/ Salatiga.”Pesan saya, jaga terus wilayah Jogja agar tetap aman, nyaman, dan keguyuban selalu dilestari-kan. Sebab, modal utama Indonesia adalah war-ganya guyub,” kata Sabrar.Tugas Danrem Pamungkas tidaklah gampang. Sebab, wilayah yang dijaga tidak hanya DIJ, tapi sebagian wilayah Jawa Tengah, tepatnya sebanyak 10 Kodim. Karakteristik masyarakat Jogjakarta pun cukup unik. Sebab, warga dari berbagai provinsi dan suku di Indonesia dipastikan ada di Jogja. “Jogja merupakan Indonesia. Tetapi warga Jogja-karta sangat guyub, budaya dan seninya sangat luas. Tugas kita adalah menjaganya agar tetap terbingkai dalam nuansa bangsa Indonesia,” tegas Sabrar.
Baru memimpin Korem 072/Pamungkas, Muly-ono langsung mendapat tugas berat yaitu menga-mankan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jogjakarta. Rencananya, hari ini Jokowi akan mem-bagikan kartu saktinya di Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Kartu yang dibagikan yaitu Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selain itu, Jokowi akan meresmikan Program 35.000 megawatt untuk Indonesia di Pantai Goa Cemara, Sanden, Bantul. Kunjungan presiden akan dikawal 2.698 personel gabungan TNI/Polri. Personel pengamanan ikut apel di lapangan parkir Stadion Mandala Krida, kemarin.”Kita sudah cek semuanya dan seluruh pasukan sudah siap. Gelar pasukan untuk memastikan tugas dan tanggung jawab masing-masing yang terlibat,” kata Kepala Staf Korem 072 Pamungkas Kolonel Inf Erwin Rustiawan di sela-sela apel. (mar/laz/ong)

Breaking News