Sudah Rp 1,032 Miliar, Kemungkian Bertambah

JOGJA – Pendapatan dari sewa stan Seka-ten berhasil melampaui target. Pemkot Jogja yang awalnya menargetkan pendapa-tan dari sewa sebesar Rp 1 miliar, hingga kemarin sudah berhasil mengumpulkan Rp 1,032 miliar. Nilai itu kemungkinan masih bertambah. Panitia Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2014 Sie Pemanfaatan Lahan Sri Harnani mengatakan, hingga akhir penyel-enggaraan Sekaten 3 Januari 2015 nanti masih ada penyewa stan yang membayar. “Hingga saat ini masih ada evaluasi dari penyewa yang kurang bayar,” ungkapnya kemarin. Menurutnya, selama penyelenggaraan PMPS 2014 ini tidak semua kapling berha-sil tersewa 100 persen
Selain itu, rata-rata penyewa stan juga hanya menyewa se-lama 10 hari. Untuk itu tiap 10 hari pihaknya melakukan penagihan ke para penyewa stan. Saat masa penagihan ada be-berapa penyewa yang mengun-durkan diri atau tidak memper-panjang masa sewa. Jumlah awal mencapai delapan penyewa. Tetapi pihaknya belum bisa me-nyebutkan total penyewa yang mundur, karena hingga saat ini masih dievaluasi panitia. “Meski ada penyewa yang tidak memperpanjang, ternyata tidak berpengaruh pada pemasukan kas daerah,” jelasnya.
Ketika terdapat penyewa yang men-gundurkan diri, ada pengganti-nya. Hal itu membuat pendapa-tan dari sewa stan tetap ada. Semua pemasukan dari sewa stan tersebut semuanya disetor-kan ke kas daerah Pemkot Jogja. Sementara itu Sekretaris PMPS 2014 Suyana mengatakan, bagi para penunggak pembayaran stan Sekaten akan dimasukkan dalam daftar hitam dan otoma-tis tidak dapat lagi mendaftar untuk PMPS 2015. “Kami juga sudah menyiapkan sistem pendaf-taran online untuk Sekaten tahun depan,” tuturnya. (pra/laz/jiong)

Breaking News