HENDRI UTOMO/RADAR JOGJA

KEMANUSIAAN: Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Bimbingan Konseling (Himabiko) IKIP PGRI Wates saat mengumpulkan dana bantuan di kampus setempat.

KULONPROGO – Tidak hanya mela-kukan penggalangan dana untuk korban bencana longsor Banjarnegara, Jawa Tengah. Dengan kemampuan yang mereka miliki, Himpunan Mahasiswa Bimbingan Konseling (Himabiko) IKIP PGRI Wates berencana mengirimkan tim relawan untuk trauma healing korban bencana longsor. “Dana yang terhimpun akan kami kirim langsung untuk korban longsor Banjarnegara. Kami juga mengirim beberapa relawan untuk trauma healing, khususnya kepada korban anak-anak karena paling rentan terhadap trauma,” terang alah satu anggota Himabiko Harun Susanto, kemarin (16/12).
Dosen pendamping aksi penggalangan dana Wahyu Purwadi menjelaskan relawan yang akan berangkat ke Banjar-negara adalah mahasiswanya yang berjumlah 15 orang. Di sana mereka akan memberikan trauma healing kepada anak-anak. “Pemberian trauma healing ini sesuai dengan jurusan para mahasiswa yakni bimbingan konseling. Mereka sekaligus menyalurkan bantuan yang terhim-pun berupa uang dan barang-barang kebutuhan,” jelasnya.
Menurut Wahyu trauma healing cukup penting dalam suatu kondisi musibah besar, untuk anak biasanya dilakukan permaianan game edukatif, bernyanyi. Pada intinya mereka bisa melupakan trauma bencana yang hinggap dipikiran dan perasaan korban. “Yang lebih penting tidak sekadar melupakan tapi bangkit dari musibah yang sedang dihadapi,” ujarnya.
Sebelumnya aksi penggalangan dana ini dilakukan selama dua hari. Aksi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap korban bencana tanah longsor dan meringankan beban korban di Banjarnegara. Ketua Himabiko IKIP PGRI Wates Fendi Agammengatakan pada hari kedua Selasa (16/12), aksi penggalangan dana dipusatkan di Pasar Wates dan simpang lima Ka-rangnongko, serta sejumlah jalan protokol seputar kota Wates. “Sehingga selain para mahasiswa di kampus, sasaran penggalangan kepedulian ini juga masyarakat umum,” ungkapnya. (tom/ila/ong)

Breaking News