MAGELANG – Pembangunan Kantor DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Magelang yang baru terus berjalan. Namun, beberapa pihak mulai mempertanyakan keberadaan status tanah bangunan di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara tersebut. Salah satunya, Mantan Sekretaris DPC PDIP Kota Magelang Tridjoko Minto Nu-groho. “Harus diperjelas soal status tanah ter sebut terlebih dahulu. Agar tidak muncul praduga dan kecurigaan dari berbagai pihak. Ke-mudian bisa berujung pada kerugian partai setelah menempatinya,” kata Tridjoko, kemarin (15/12).
Menurut pria yang dua periode memimpin DPRD Kota Magelang ini, keinginan mem-perjelas soal status tanah maupun bangunan yang digunakan untuk Kantor DPC baru tersebut muncul dari kalangan PDIP yang saat ini tidak duduk distruktural partai. “Ingat, bagaimanapun juga soal pem-bangunan Kantor DPC baru ini bukan sekedar niat baik Wali Kota Sigit Widyonindito. Tetapi bagian dari komitmen lima tahun lalu, saat beliau yang saat itu hanya kepala DPU, tetapi ingin dicalonkan PDIP sebagai wali kota,” ungkapnya.Karena pembangunan kantor baru bagian dari komitmen, Tridjoko meminta semua pihak tidak melihat hal tersebut sebagai kebaikan yang mutlak “Jangan sampai muncul di masyarakat maupun kalangan partai, kalau Pak Sigit baik yo, atas pembangunan Kantor DPC baru. Ingat, sekali lagi ini bagian komitmen. Itupun dilaksanakan menjelang ada pilkada lagi. Setelah ditagih berbagai pihak, saat ingin dicalonkan lagi me lalui PDIP,” paparnya.
Tridjoko mengaku, mendengar selentingan saat ada sosialisasi SK 066 dan SK 067 DPP PDIP di Balai Kelurahan Cacaban, Sabtu lalu (6/12). Intinya, status tanah yang saat ini digunakan membangun kantor DPC masih milik pemerintah daerah. “Kalau masih milik pemerintah daerah, terus mau dihibahkan atau mau ditukar guling. Ini semua harus jelas,” tuntutnya.Pada 9 September 2014, Ketua DPD PDIP Jateng Heru Sudjat-moko melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Kantor DPC PDIP Kota Magelang. Selama ini, Kantor DPC PDIP Kota Magelang berada di Kampung Magersari yang meng-gunakan tanah milik negara.
Kini, dengan pembangunan kantor di Jalan Urip Sumo hardjo, yang notabene berada persis di Gardu Tegangan Tinggi PLN Magelang, Heru yang juga Wagub Jateng berharap adanya pan caran energi. Ia menterjemahkan ke-beradaannya mampu memberi sinyal positif bagi kemajuan PDIP di Kota Magelang.Termasuk menampung aktivitas partai, menyalurkan aspirasi, maupun gagasan positif bagi kepen tingan umum.Sekretaris DPC PDIP Kota Magelang Suharyanta mengung-kapkan, tanah dan pembangu-nan kantor DPC baru merupa-kan hibah dari Wali Kota Sigit Widyonindito. “Tanah dan pem-bangunannya dibantu Pak Wali,” katanya. (dem/hes/ong)

Breaking News