HUMAS PEMKAB SLEMAN FOR RADAR JOGJA
PRESTASI: Empat daerah di DIJ memperoleh penghargaan nasional dari kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Empat Daerah Terima Penghargaan dari Pusat

BANTUL – Penerapan laporan kinerja seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) secara online pada tahun ini langsung berbuah manis. Belum lama ini pemkab mendapatkan nilai B atas prestasi baiknya laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (lakip) 2013 dari pemerintah pusat. “Penghargaan diserahkan pada hari Senin (8/12) kemarin,” terang Kabag Tata Pemerintahan Setda Danang Erwanto di ruang Sekda, kemarin (10/12).
Jika dibandingkan tahun-tahun sebelum-nya torehan prestasi ini terbilang cukup spektakuler. Selama bertahun-tahun lakip pemkab selalu berkutat pada nilai C. Dengan torehan ini prestasi nilai lakip naik dua tingkat langsung. “Antara C dan B ada nilai CC. Dalam sejarah belum ada pemkab yang mendapatkan nilai A. Tertinggi hanya B,” ujarnya. Dari 462 kabupaten se-Indonesia yang dievaluasi, hanya 11 kabupaten yang menda-patkan nilai B. Capaian ini, kata Danang, juga sekaligus menggenapi prestasi akun-tabilitas laporan keuangan pemkab tahun 2013, yaitu opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.
Menurutnya, lakip secara online memang memiliki banyak kelebihan. Di antaranya bupati, pejabat pemkab, maupun masya-rakat umum bisa langsung melihat ber-bagai program kerja SKPD yang sudah berjalan dengan mengakses situs esakip.bantulkab.go.id. Selain itu, bupati juga dapat menegur langsung kepada SKPD yang belum mem-posting lakipnya. “Biasanya diposting tiga bulan sekali,” ungkapnya.Ke depan Bagian Tata Pemerintahan berencana membeli server sendiri. Sampai saat ini server lakip ini masih menginduk kepada KPDT.
Kabag Humas Setda Heni Purwanto me-nambahkan, ada sejumlah prestasi lainnya yang diperoleh pemkab belakangan ini. Antara lain, peringkat ketiga dalam peng-hargaan Sub Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air. “Dan penghargaan Manggala Karya Bakti Husada,” tambahnya.Pemkab Sleman juga meraih penghar-gaan nasional dari kementerian Pendaya-gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
Pemkab Sleman dinilai berhasil mengimple-mentasikan akuntabilitas kinerja di ling-kungan pemerintahan dalam mendorong terwujudnya pemerintahan yang berori-entasi hasil (result oriented government).Sleman menjadi salah satu dari empat dae-rah di DIJ yang memperoleh penghargaan serupa. Total hanya 11 kabupaten/kota yang berhak atas penghargaan tersebut. Ini adalah kali ke tiga yang diterima Pemkab Sleman.Pemkab Sleman mendapat predikat nilai B dengan skor 70,64. Tahun lalu, pemkab me-nerima predikat yang sama. Namun nilainya 66,55. Pada 2012, Sleman juga menerima peng-hargaan serupa. (zam/yog/din/ong)

Breaking News