SETIAKY/RADAR JOGJA
UNTUNGKAN KONSUMEN: Suasana hari pertama pameran IT bertajuk APKOM Year End Sale di Jogja Expo Center (JEC), kemarin (6/12)
BANTUL – Ribuan pengun-jung memadati pameran IT pada hari pertama APKOM Year End Sale di Jogja Expo Center (JEC), kemarin (6/12). Sebanyak 147 stan yang ter-sedia menggelar berbagai diskon untuk produk-produk yang ditawarkan. Salah satu stan pameran yang menggelar cuci gudang adalah Lenovo. Cuci gudang yang dtawarkan untuk tipe-tipe E Series, seperti Lenovo E10-30 yang di-hargai Rp 2,6 juta dari harga awal Rp 2,9 juta. Ada pula Lenovo S215 yang harganya Rp 3,09 juta dan Lenovo S20-30 dengan harga Rp3,199 juta.
“Banyak toko-toko ritel yang memangkas harga produk-produk tertentu. Oleh kare-nanya pameran ini sekaligus ajang cuci gudang, sehingga harga yang ditawarkan ber-beda dengan harga di pasaran,” ujar penanggung jawab stan Lenovo, Yudiyoko, saat ditemui kemarin.
Pria akrab disapa Yudi ini men-gatakan, selama pameran menar-getkan penjualan hingga 600 unit setara dengan transaksi di atas Rp 2 miliar. Selain harga khusus, pihaknya juga memberikan cash back untuk produk tertentu. Salah satu cash back diberikan kepada pengunjung yang membeli Lenovo seri Thinkpad T4400 seharga Rp 15 juta. Maka cash back yang akan diberikan sebe-sar Rp 2 juta.
Menurutnya, seri Thinkpad ini memiliki keun-gulan dalam semua hal dan sangat tahan banting dan air, sehingga cocok digunakan untuk kerja lapangan. “Harganya memang cukup tinggi. Tapi produk ini limited edition dan kami menyasar pem-beli menengah dengan sasaran menengah ke atas,” jelasnya.
Selain laptop, netbook, smart-phone dan tablet yang menjadi primadona, produk-produk aksesoris pun banyak diserbu pen-gunjung. Aksesoris yang paling banyak diminati masyarakat adalah tongsis atau banyak di-kenal tongkat narsis. Di salah satu stan, tongsis di-jual dengan harga Rp 18 ribu dari harga awal Rp 39 ribu. Maka tak heran puluhan tongsis terjual dalam waktu sekejap. “Sampai siang ini sudah 10 lebih tongsis yang terjual,” terang Indah, penjaga stan.
Seperti diketahui, pameran digelar oleh Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apko-mindo) DPD DIJ. Sejumlah me-rek ternama seperti Lenovo, Toshiba, Sony, Asus, HP, Apple, Oppo, Canon, Himax, Benq, Evercross, Simbada, dan masih banyak lagi, turut serta meramaikan pameran yang berlangs-ung hingga 10 Desember nanti.
Sebelumnya Kabid Pameran dan Promosi Apkomindo DPD DIJ Taniman Sutanto mengata-kan, karena sifatnya cuci gudang, produk yang ditawarkan pun dengan harga fantastis. Bahkan voucher cash back yang diberi-kan hingga Rp1 juta untuk pem-belian selama pameran. “Kami berharap bisa memu-askan hasrat para konsumen di bidang IT. Dijamin para konsu-men akan diuntungkan dalam pameran kali ini,” tandasnya. (bhn/laz/ong)

Breaking News